Publikasi Penelitian

1. Efektivitas Sekolah Alam (Studi Kasus di SDIT Alam Nurul Islam, Yogyakarta)

ABSTRAK

Ristiani Musyarofah. Efektivitas Sekolah Alam (Studi Kasus di SDIT Alam Nurul Islam, Yogyakarta). Tesis. Yogyakarta: Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, 2009.

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan efektivitas layanan pembelajaran di SDIT Alam Nurul Islam, Yogyakarta, khususnya tentang pola pembelajaran yang diterapkan, yang meliputi: 1) konseptualisasi sekolah alam di SDIT Alam Nurul Islam; 2) pola pembelajaran yang diterapkan; dan 3) efektivitas pola pembelajaran yang diterapkan terhadap pencapaian tujuan sekolah yang telah ditetapkan.

Penelitian etnografis naturalistik digunakan sebagai pendekatan studi penelitian ini. Data dikumpulkan melalui tiga teknik, yaitu wawancara, pengamatan, dan studi dokumentasi dengan melibatkan seluruh komponen yang terlibat dalam sekolah alam. Sumber data penelitian ini meliputi penyelenggara, pengajar, staf kependidikan yang lain, siswa dan orangtua (wali siswa). Keabsahan data ditentukan dengan cara: observasi secara terus-menerus, triangulasi sumber dan metode, diskusi dengan orang lain, dan pengecekan anggota. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif interaktif dari Miles dan Huberman.

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa konsep alam di SDIT Alam Nurul Islam lebih cenderung dimaknai sebagai universe bukan nature, memanfaatkan alam sebagai media utama pembelajaran. Metode pembelajaran praktek langsung lebih dominan dengan memanfaatkan sumber daya di sekitar sekolah secara optimal dan mengutamakan prinsip keterpaduan, baik keterpaduan kurikulum maupun keterpaduan pengelolaan. Pola pembelajaran yang diterapkan terbagi ke dalam empat pola, yaitu: buka kelas, inti, istirahat, dan tutup kelas. Kenyataan menunjukkan bahwa implementasi pola pembelajaran tersebut dilaksanakan sesuai kriteria dalam standar proses dan penilaian dari 8 Standar Nasional Pendidikan. Dengan terpenuhinya standar tersebut maka pola pembelajaran sekolah alam dapat dinyatakan efektif.


2. PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SAINS KELAS III DI SD ALAM DAN SD NON ALAM YOGYAKARTA  PADA TAHUN PELAJARAN 2008/2009

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah kompetensi guru kelas III SD Alam lebih baik daripada SD Non Alam dalam pelaksanaan pembelajaran sains; (2) apakah aktivitas siswa kelas III SD Alam lebih tinggi daripada SD Non Alam dalam pembelajaran sains; dan (3) apakah prestasi siswa kelas III SD Alam lebih tinggi daripada SD Non Alam dalam pelaksanaan pembelajaran sains. Penelitian ini merupakan studi komparasi dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah guru kelas III, siswa kelas III dan kepala sekolah di SD Alam (SDIT Alam Nurul Islam) dan SD Non Alam (SD Negeri Samirono) Yogyakarta. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan untuk memperoleh informasi tentang karakteristik siswa, apa yang telah dilakukan guru dalam pembelajaran sains, dan ketersediaan fasilitas pembelajaran; observasi dilakukan untuk mendapatkan data proses pembelajaran yang terjadi; tes dilakukan untuk mengukur prestasi siswa; angket untuk mengetahui persepsi guru dan siswa tentang pelaksanaan pembelajaran sains; dan dokumentasi untuk mengecek keakuratan proses pembelajaran. Untuk menghindarkan subjektivitas dari observer, dilakukan trianggulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kompetensi guru kelas III dalam pelaksanaan pembelajaran sains di SD Alam lebih baik daripada kompetensi guru kelas III di SD Non Alam; (2) aktivitas siswa kelas III di SD Alam lebih tinggi daripada aktivitas siswa di SD Non Alam; dan (3) prestasi belajar siswa kelas III SD Alam lebih tinggi daripada prestasi siswa kelas III di SD Non Alam.

Kata kunci: pembelajaran sains kelas III, sekolah dasar, sekolah alam.

3. TINJAUAN PSIKOLOGI HUMANISTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) ALAM NURUL ISLAM YOGYAKARTA

ABSTRAK


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran Bahasa Arab kelas IV SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta yang mencakup suasana pembelajaran, media pembelajaran, metode pembelajaran, materi pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan untuk mengetahui kesesuaian pola pembelajaran bahasa Arab dengan prinsip-prinsip belajar humanistik, yaitu hasrat untuk belajar, belajar yang berarti, belajar tanpa ancaman, belajar atas inisiatif sendiri, belajar dan perubahan.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menganalisis tentang penerapan prinsip-prinsip belajar humanistik dalam pembelajaran bahasa Arab kelas IV SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta. Analisis dilakukan dengan melakukan pengamatan, observasi pembelajaran dan lingkungan sekitar serta wawancara dengan kepala sekolah, siswa dan beberapa gurur yang bersangkutan.

Hasil dari penelitian ini adalah proses pembelajaran bahasa Arab di SDIT Alam Nurul ISlam Yogyakarta cukup relevan dengan prinsip-prinsip belajar humanistik. Metode pembelajaran yang menarik dan yang menyenangkan menjadikan siswa lebih bersemangat dalam belajar, tidak cepat bosan dan lebih mudah untuk diketahui dan dipahami siswa. Hal ini juga tidak terlepas dari lingkungan sekolah yang nyaman dan mengasyikkan.

4. Praksis Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Alam “Nurul Islam” Yogyakarta

Abstrak

Penelitian ini hertujuan untuk mengetahui dan meng¬evaluasi proses pendidikan karakter di Sekolah Dasar Alam “Nurul Islam” ditinjau dari perspektif ilmu pendidikan. Permasalahan yang akan diteliti meliputi konsep dasar pendidikan yang melandasi praksis pendidikan karakter di SD Alam “Nurul Islam” dan proses pendidikan karakter yang dilaksanakan di SD Alam “Nurul Islam”.
Subjek penelitian ini adalah para guru, siswa, kepala sekolah dan wali murid SD Alam “Nurul Islam”. Objek penelitian ini berupa aktivitas pembelajaran karakter di kelas dan luar kelas, interaksi para siswa dengan guru dan antar-siswa, interaksi sekolah dan wali murid, lingkungan belajar, dan hambatan yang dihadapi sekolah. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah dengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Adapun metode analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, pengambilan kesimpulan dan “erifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan hahwa konsep pendidikan yang dilaksanakan dilandasi oleh nilai-nilai Islam, tujuan pendidikan adalah untuk mendampingi dan membimbing siswa agar menjadi hamba Allah (abdullah) dan pemimpin di muka bumi (khalifatullah) diwujudkan dengan mengembangkan karakter siswa melalui proses pembelajaran nilai-nilai keislaman, pembelajaran kepemimpinan dalam kegiatan outbound, pembelajaran berwira¬usaha dalam kegiatan market day dan pembelajaran bidang studi yang bersifat kreatif dan inovatif untuk menjadi “ilmuwan cilik”. Ciri khas SD Alam ”Nurul Islam” terletak pada pembelajaran outbound yang dirancang untuk membimbing siswa agar terwujud karakter sebagai seorang pemimpin dalam dirinya. Hambatan yang dihadapi terutama dari pihak orang tua, karena ada sebagian dari mereka yang kurang komunikatif, kurang memahami arti penting kerjasama dan konsistensi dalam mendidik anak-anaknya.

5. Refleksi Kritis Atas Konsep Pendidikan Alternatif Pada Model Sekolah Alam Di Sdit Alam Nurul Islam

6. Model Inovasi embelajaran Pendidian untuk Pembangunan yang berkelanjutan di Tingkat Sekolah Dasar (studi kasus SD Tumbuh, SDIT Alam Nurul Islam, SD IKIP Percobaan, SD BIAS Yogyakarta

7. Pelaksanaan pembelajaran kewirausahaan pada sekolah alternatif berbasis alam di SDIT alam Nurul Islam Yogyakartasebagai upaya meningkatkan keterampilan berwirausaha

8.RUKIYATI:Pendidikan Nilai Holistik untuk Membangun Karakter Anak di SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta. Disertasi. Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta, 2012

9. Laporan Observasi Hasil Pembelajaran di Kelas Kecil SDIT Alam Nurul Islam oleh Mahasiswa UST

6 thoughts on “Publikasi Penelitian

  1. I’d be inclined to engage with you one this subject. Which is not something I usually do! I really like reading a post that will make people think. Also, thanks for allowing me to speak my mind!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s