Tutup Tema : Pentas Produksi Teater Kelas 3 “anak Ingusan berSUMPAH PEMUDA”

Bulan Oktober merupakan bulan yang bersejarah untuk negeri kita. Tepatnya setiap tanggal 28 Oktober peristiwa Sumpah Pemuda menjadi peristiwa penting dalam perjalanan kemerdekaan Republik Indonesia ini. Untuk memahamkan pengetahuan sejarah dan menanamkan nilai-nilai Sumpah Pemuda, kelas 3 menjalankan pembelajaran dengan tema Sumpah Pemuda. Sudah menjadi rahasia umum, jika pembelajaran menyangkut sejarah pasti dominan berupa hafalan. Tanggal, nama tempat, nama tokoh dan kronologi peristiwanya. Yang suka hafalan untuk menghafal semua itu bukan merupakan masalah. Tapi bagi yang butuh energi dalam menghafal, semua materi itu menjadi beban untuk dipelajari. Supaya siswa senang dan mencintai sejarah bangsa tentu pembelajaran diformat dengan metode yang menyenangkan. Dipilihlah metode teater untuk mempelajari terkait dengan pengatahuan dan nilai-nilai yang terkandung dalam peristiwa Sumpah Pemuda. Karena teater pilihannya, produk akhir dari pembelajaran tema ini adalah pertunjukan teater.

Pentas teater dilaksanakan di gedung Pertunjukan 2 Tejakusuma Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Acara ini bisa terselenggara berkat dukungan penuh para orang tua siswa yang memberikan bantuan berupa finansial dan material. Sehingga anak-anak mampu mendapatkan pengalaman yang kaya melalui pentas teater di panggung teater beneran. 
Pentas teater tersebut disertai dengan rangkaian penampilan dari beberapa anak yang mempunyai bakat seni. Seperti drummer, biola dan nanyanti. Tidak ketinggalan penampilan ustadz/ah kelas 3 juga turut serta menyemarakkan pentas. Ustadzah Sri dan Tari berduet menyanyikan lagu Gebyar-gebyar. Sedangkan ustadz-ustadznya turut tampil dengan menampilkan lakon ‘Londo ndeso’ sebagai pembuka pentas inti teater anak-anak. 

 
Tetaer terdiri 5 adegan. adegan pertama menceritakan kondisi para pribumi yang merupakan bangsa Indonesia yang mempunyai mata pencaharian sebagai petani mencoba berusaha untuk mempertahankan tanah air mereka dari penjajah. Sejurus kemudian datanglah pasukan penjajah Belanda yang merebut dan terlibat konflik dengan pribumi.

Adegan selanjutnya berupa perjumpaan noni-noni belanda dengan gadis pribumi. Noni-noni dengan sikap kesombongan meremehkan permainan yang dilakukan oleh gadis pribumi. Pesan penindasan sangat tampak dari adegan ini. Bahwa kapanpun dan dimanapun yang namanya penjajahan tidak pernah akan menghadirkan kebaikan.

Berkat perjuangan para pemuda yang tergabung dari jong-jong organisasi pemuda senusantara, mereka hingga membuat 2 kali konggres pemuda baru pada satu kesepakatan bahwa : seluruh pemuda senusantara mengakui bahwa bertanah air satu, tanah air Indonesia. Berbangsa yang satu bangsa Indonesia dan, Berbahasa yang satu bahasa Indonesia. Peristiwa sumpah pemuda tersebut merupakan tonggak penting Indonesia mampu membebaskan diri dari penjajahan yang sudah sangat lama mengungkungi negeri kita tercinta ini.

update :

Kelas 5 : Geguritan

Kangen

Karya :  Favian Hukama Fadhlan

Saben sesawangan

Kang dak temoni

Memba wewayanganmu

Ngeridhu batin

Mula, kudu dak akoni

Ora dak selaki

Pranyata, angel anggone ngilangi

Udan Siang Iki

karya Nur Rachmi Widyastuti

Awan kang biru resik

langsung ganti petheng dhedhet

Petir pating sesautan

Swara manuk ilang, swara pitik ilang

Sepi . . . sepi . . . sepi tenan

Njur tak sawang njaba jendela

Udan siang iki nggawe awal nggigil

Pakaryan

Karya : Azhar Luqman Fadhlullah

Dina Minggu

Aku sakaluarga

Padha saiyeg saeka praya

Nggawa paculekrak lan sapu

Bebarengan lawan para warga

Enom tuwa jaler estri

Kabeh padha kerja bakti

Dalan kebak awu diresiki

Gotong royong saeka kapti

Pakaryan abot bisa purna

Amarga bareng tumandang karya

Ngasilake dalan padhang

Pengaosan Sonten

Karya : Adilista Rizqi Azizi

Wayah sonten

Nalika grimis nelesi

Telatah ngajeng griya

Para undangan sami rawuh

Griya sampun sediya kagem pengaosan

Para tamu sami lenggah teng klasa

Pengaosan diwiwiti

Pak ustadz mimpin panjurung dunga

Sak sampunipun maos dunga

Lajeng aken sumene

Dina Minggu

karya : Faris Robbani

Dina Minggu dina libur

Tangi turu sarapan bubur

Aja lali nek awan sholat Dhuhur

Nonton TV pengajiane ustadz Yusuf Mansyur

Insya Allah dadi wong sing syukur

Jahitan Tangan

Menjahit pake mesin tentu hanya orang tertentu saja yang bisa. Tapi, jahit pake tangan sepertinya ketrampilan yang wajib harus dikuasai. Bayangkan, saat di tengah hutan tiba-tiba celana kita robek sampe jadi dua. Apa mau kita pake gitu aja meski kelihatan auratnya. Kan jadi malu deh. Nah, kalau kita pinter jahit. Tentu segera kita kan cari serat batang tanaman. Trus pake benda tajam pelan-pelan kita jahit celana robek kita. Meski dengan kondisi yang sangat sederhana yang penting aurat tetap aman tertutup.

Untuk bisa jahit tangan, satu pertama yang harus bisa adalah memasukkan benang ke dalam lubang jarum. Perlu usaha keras lho, tenang dan kesabaran tinggi. Kalo gak sabar, bisa-bisa tu jarum patah habis dibengkokin. He . . he . . he.

Setelah benang masuk ke jarum, tarik tu benang sepanjang yang dibutuhkan dan potong. Lalu, tarik benang, temukan ujung dengan ujung. Buat simpul mati di kedua ujung benang. Usahakan simpulnya gede. Tujuannya supaya biar pas menjahit nanti pas simpul itu untuk menahan benang waktu ditarik. Satukan dulu kain yang mau dijahit. Tusukkan jarum kemudian tarik, tusuk lagi di dekat tusukan yang pertama kemudian tarik. Makin rapet tusukan makin rapi deh hasil jahitan.

Oke udah siap tuk nyoba di rumah. Mulai deh cari baju atau celana kalian yang robek. Ambil jarum dan benang. Coba jahit pake tangan. Syukur, yang nanti mau jadi dokter bedah udah mahir dari sekarang urusan jahit menjahit.

Proyek Massal

Satu lagi proyek penataan ruang di Sekolah Alam Nurul Islam. Kalo di China ada Tembok Besar China, mungkin ini jadi inspirasi.

Waduh, pada ngapain tuh. Kok pada bawa usungan. Kliatan serius banget. Bukan dihukum kan ini?

Lho kok pada bawa batu segala. Emang mau dijual ya? Ato sedang untuk mainan?

O. .o. . ternyata batunya untuk ditata tho. Mau dijadiin jalan kayaknya. Yup bener. Ada koridor panjang yang akan mengelilingi lapangan SDIT Alam. Di tengahnya akan ditata penuh batu dari kali. Untuk memenuhinya seluruh siswa mengerahkan energinya untuk membawa batu-batu kali sekaligus menatanya.

Dari kelas 1 hingga kelas 6. Baik putra maupun putri. Bahkan ustadz-ustadzah. Bersama membuat satu monumen yang menjadi milik bersama. Bersama membangunnya sehingga muncul semangat untuk memeliharanya juga.

Ode tuk Palestina

Gaza victim

Perjuangan Palestina
Oleh : Rissa (3C)

Israel adalah penjajah yang sangat kejam.
Mereka orang-orang yahudi yang harus dibrantas dan dihentikan.
Karena mereka telah menjajah dan merebut negeri Palestina.
Negara yang sangat ramah dan penuh ketentraman.
Sedangkan Israel adalah negara yang sangat kejam dan tidak punya perasaan.
Mereka ingin merebut Palestina dan ingin membuat negara di negera Palestina.
Banyak sekali orang-orang Palestina yang mati karena dijajah Israel.
Ayo teruskan perjuanganmu Palestina
jangan menyerah karena Allah akan selalu membantumu

Perjuangan Palestina
Oleh : Annisa (3C)

Israel adalah penjajah yang sangat kejam,
Mereka menjajah palestina
Mereka orang-orang yahudi
Mereka akan menjajah sampai mendapatkan palestina
Mereka menginginkan palestina
Karna palestina cocok untuk orang-orang yahudi
Israel tidak sendirian
Dia dibantu oleh amerika
Karna amerika punya banyak hutang kepada israel
Maka amerika harus membantu israel
Mendapatkan palestina
Makanya palestina harus berusaha
Berusaha semaksimal mungkin
Untuk merebut kembali

Palestina akan Menang
Oleh : Candra (3C)

Tin . .Tin . . Palestina kau dijajah israel
Untung saja kau punya hamas
Hamas tentara islam
Israel pasti kalah
Walaupun palestina
Banyak yang mati dalam peperangan
Israel tidak henti-hentinya
Menyerang palestina

Israel jahat
Israel harus diberi pelajaran
Hore . ..

Palestina dan Israel
Oleh : Aqila (3C)

Israel menjajah palestina dengan bom, teng dan juga senapan
Israel itu sangat kejam harus dihentikan
Dan juga harus dibrantas
Palestina banyak yang meninggal
Israel itu orang yahudi
Sedangkan palestina islam
Israel telah merebut tanah palestina
Sudah hampir seribuan orang yang meninggal
Dari bayi sampai orang dewasa
Sehingga orang tua mereka
Menangis karena kena tembak

Palestina Mati Syahid
Oleh : Rozan (3C)

Palestina yang mati syahid
Sudah banyak yang menuai korban
Yahudi tidak mau berhenti mengebom palestina
Yahudi sudah berbuat jahat
Tapi yahudi curang karna dibantu amerika
Yahudi ingin mempunyai tanah di arab
Palestina tetap berjuang untuk mengusir yahudi
Palestina harus diselamatkan

Palestina akan Menang
Oleh : Rofi (3C)

Sewaktu itu palestina selalu dibom
Oleh israel lalu palestina membalas
Tapi israel tetap menyerang terus dan terus
Di palestina banyak yang telah mati
Tapi palestina tetap berjuang
Untuk Menegakkan Islam
Berjuanglah Palestina

Palestina
Oleh : Rasyidah (3C)

Palestina hidupmu penuh kesakitan
Karena bom yang dibuat oleh israel
Membuat ratusan orang tewas
Antara lainnya wanita dan anak-anak
Darah yang mengalir panjang
Yang membuat orang bersedih
Semoga israel dan palestina
Bisa damai kembali

Jihadmu Palestina
Oleh : Nabila (3C)

Betapa beraninya engkau Palestina
Menghadapi serangan-serangan Israel
Kau tanpa takut menghadapi serangannya
Ku sangat bangga kepadamu

Ya Allah hentikanlah peperangan ini
Agar hambamu bisa hidup tentram
Dan bisa memulai hidup yang baru
Yang tentram yang damai dan saling mengasihi

Parade Puisi Kemerdekaan II (kelas 3)

Pahlawan

Oleh : Nabila

Oh . . Pahlawan

Tidak sia-sia perjuanganmu selama ini

Kau telah rela mati

Untuk Indonesia

Sungguh besar cita-citamu untuk

Negara tercinta ini Indonesia

Pahlawan karna perjuanganmu ini

Indonesia merdeka

Penjajah Indonesia

Oleh : Rasyidah

Waktu nenek kakek kita zaman dahulu

telah dijajah belanda selama 350 tahun.

Nenek-Kakek telah dijajah belanda sangat sakitnya.

Mereka nenek kakek kita,

telah berusaha untuk menang

mereka mengumpulkan para Pemuda

untuk meraih kemenangan Indonesia

akhirnya Indonesia telah menjadi MERDEKA

Pahlawan

Oleh : Feri

Pahlawan

Kau sudah menyelamatkan

Nyawa Indonesia

Dan demi kemerdekaan

Demi Indonesia kita

Mampu berjuang

Bendera Indonesia berdiri

Demi Presiden RI

Berjuanglah pahlawan

Indonesia

Oleh : Rozan

Indonesia sedang dijajah belanda

Lalu belanda membangun bangunan

Bangunan itu sangat luas

Dan banyak pintunya

Belanda juga membuat jalan

Di dekat sana ada bangunan tua

Ternyata bangunan tua itu

Dulunya milik belanda

Belanda merampas tanaman

Untuk menghangatkan tubuh

Pahlawanku

Oleh : Akmal

Pahlawanku kau sudah

Bertumpah darah

Untuk Indonesia

Pahlawanku aku sangat

Berterima kasih padamu

Pahlawanku kau sudah

Membebaskan Indonesia

Dari penjajahan

Kekejaman Belanda

Oleh : Rissa

Belanda menyiksa Indonesia

Selama 350 tahun

Walau Indonesia disiksa

Namun semangat Indonesia

Lebih besar daripada Belanda

Karena Indoensia

Rajin Shalat dan Berzikir

Maka Indonesia

Akan dibantu Allah

Karena Allah

Indonesiapun merdeka

Walau tanpa senjata berapi

Aku juga berterima kasih

Dengan pahlawan Indonesia

Yang sangat berani

Perjuangan Pemuda

Oleh : Candra

Pemuda Indonesia

Kau sangat berjasa

Bagi bangsa

Karma kau bersumpah

Melindungi Indonesia merdeka

Yang dulu dijajah oleh beberapa Negara

Belanda menjajah paling lama

Disusul oleh Japan

Japan menjajah 3,5 tahun

Kemudian Amerika

Menjatuhkan bom nuklir

Di kota Nagasaki

Dan Hirosima

Kemudian Japan

Pergi ke negaranya

Pemimpin-pemimpin Japan

Bunuh Diri

Akhirnya Japan pergi

Dan pemuda lainnya

Membacakan proklamasi

Merdekalah Indonesia

Hari Saat Dijajah Belanda 1910

Oleh : Sone

Pada suatu hari

Ledakan bom

Di gedung

Yang dahsyat

Lalu dating

Tank besar

Lalu tentara belanda

Turun dari Tank

Lalu seseorang anak kecil

Mengejek belanda

Orang jahat

Dor

Akan kutembak belanda

Di gedung

Ye merdeka

Sekarang merdeka

Pada tahun 1999

Tamat