Aksi Hari Bumi 2017 : Dari Jogja Selamatkan Dunia

Menutup kegiatan pembelajaran di tema terakhir pada semester 2 kali ini, kelas 3 dan kelas 4 bekerjasama untuk mengadakan even kolaborasi, Bertepatan dengan momen Hari Bumi 2017 yang diperingati setiap 22 April, kegiatan tutup tema bersama mengambil bentuk Aksi Hari Bumi 2017. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Jum’at 21 April 2017 bertempat di Titik Nol Kilometer Jogja. Tepatnya di depan Museum Serangan Umum 1 Maret. 
Meskipun melibatkan anak-anak, namun aksi ini dikemas dengan bentuk penampilan sebagai ekspresi anak-anak terhadap pentingnya menjaga bumi dari kerusakan. Pesan peringatan hari bumi disampaikan dalam bentuk Orasi, Puisi, Nyanyian, pentas Teatrikal, Happening Art, Fashion Show dari barang bekas, Pembagian bibit tanaman cabe dan Flash Mob.
 Penyampaian pesan dalam bentuk aksi di ruang publik ini merupakn pembelajaran penting sehingga setiap anak akan mengalami bagaimana mulai dari perencanaan awal, mengelola masa, setiap orang hingga pelaksanaan di lapangan. Kedisiplinan menjadi hal yang penting untuk diwujudkan dikarenakan di ruang publik akan bertemu berbagai orang, khalayak dengan tujuan dan aktivitas bermacam-macam. Sedangkan massa aksi harus fokus satu komando untuk menyampaikan pesan penting hari Bumi.
Dukungan perlengkapan seperti sound system, konsumsi, transport, atribut turut menunjang kesuksesan aksi. Butuh pengorganisasian yang rapi untuk melahirkan aksi yang apik. Aksi ini sukses berjalan tidak terlepas dukungan orang tua dan wali yang siap bekerjasama manakala dirasa ada kurang dalam perencanaan dan pelaksanaan. Sehingga kerjasama siswa-guru dan orang tua itulah kunci sukses keberhasilan proses pendidikan.
Selain itu dukungan dari dinas pariwisata melalui UPT Malioboro dan aparat keamanan polsek Gondomanan serta unit ambulans dan medis Puskesmas Gamping 2 turut serta mengawal suksesnya acara. Rencananya even peringatan hari Bumi ini akan dilaksanakan rutin tahunan.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s