Sesi Praktek Training Joyful Learning in Mathematic QITEP SEAMEO 2016

Sebanyak 31 guru-guru sekolah dasar dari 8 negara anggota SEAMEO melakukan praktek mengajar pembelajaran Matematika metode Joyful Learning in Mathematic. Jum’at, 2 September 2016 seluruh peserta hadir di SDIT Alam Nurul Islam, mereka akan masuk ke kelas 5 dan kelas 6. Para peserta berasal dari Brunei Darussalam sebanyak 2 orang, dari Laos, Vietnam, Timor Leste, Malaysia, Thailand masing-masing 1 peserta. Sisanya berasal dari Indonesia. Sesuai dengan pelatihannya, mereka akan mempraktekkan pembelajaran yang menarik siswa dalam memahami Matematika.
 Seluruh peserta dibagi menjadi 6 kelompok yang akan mengampu 6 kelas. Masing-masing kelompok melaksanakan skenario pembelajaran Matematika sesuai kelasnya. Karena menggunakan Joyful Learning tentu siswa tidak pasif mengikuti pembelajaran. Tapi mereka dikondisikan aktif untuk memahami konsep Matematika dengan melakukan. Di awal pembelajaran mereka diberi permainan menarik dahulu supaya gembira mengikuti pembelajaran Matematika. Materi kelas 5 adalah KPK sedangkan untuk kelas 6 adalah Debit dan Volume.
 Karena sudah biasa dengan kegiatan outdoor, sehingga dengan model pembelajaran yang dilakukan oleh para peserta pelatihan para siswa sangat enjoy sekali. Mereka sudah sigap dengan instruksi yang diberikan.
 Menjadi sebuah tantangan bagi guru Matematika untuk menghadirkan pembelajaran yang joyful, karena memang usia sekolah dasar level pengetahuannya masih kongkrit sehingga selain harus gembira mereka harus mempelajarai sesuatu yang nyata.
Karena jika pembelajaran hanya mengandalkan di kelas saja, untuk siswa yang mempunyai modalitas belajar baik akan bisa cepat mengikuti dan memahami materi. Namun bagi siswa yang punya kecenderungan motorik yang tinggi tentu butuh cara belajar dengan melakukan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s