Dewan Kelas Perdana

Salah satu kelengkapan dalam menjalani proses pembelajaran di SDIT Alam Nurul Islam adalah aktifnya Dewan Kelas. Dewan Kelas adalah media berkumpulnya orang tua atau wali siswa setiap kelas. Sehingga dari segi jumlah tidak begitu besar. Hal tersebut sengaja dimaksudkan supaya interaksi dan komunikasi yang dijalin baik antar orang tua atau wali maupaun orang tua dengan sekolah bisa lebih intens dilakukan. Khusus di pekan-pekan awal pembelajaran efektif siswa berjalan, agenda perteman Dewan Kelas dilaksanakan seawal mungkin. Untuk kali pertama, dilaksanakan setiap level. Satu level terdiri dari 3 kelas. 
Pelaksanaan pertemuan Dewan Kelas dilaksanakan pada hari Sabtu. Untuk yang tanggal 23 Juli 2016 diperuntukkan bagi Dewan kelas 1 hingga 3. Sedangkan hari Sabtu, 30 Juli 2016 diperuntukkan bagi kelas 4 hingga 6. Target dari pertemuan awal ini adalah perkenalan personil guru kepada orang tua siswa atau wali. Mayoritas setiap guru pengampunya baru.
  Selanjutnya adalah sosialisasi program pembelajaran baik yang bermuatan akademik maupun pembentukan karakter. Akademik memuat rencana tema pembelajaran beserta aktivitasnya, sedangkan pembentukan karakter terkait dengan turunan karakter SIP, Sholih, Ilmuwan dan Pemimpin di setiap level berikut metode pengawalannya.
 Selain itu disosialisasikan juga terkait dengan tata tertib dan budaya SIP di sekolah. Harapannya, tidak hanya di sekolah siswa membangun kebiasaan budaya SIP tapi juga berlanjut sewaktu di rumah sehingga menjadi kebiasaan dan karakter di manapun siswa berada. Tidak luput juga sosialisasi terkait dengan prosedur-prosedur yang sudah ditetapkan oleh sekolah. Seperti prosedur komunikasi, prosedur penanganan permasalahn dan konflik siswa. Harapannya seawal mungkin orang tua dan sekolah berkesepahaman terhadap ‘aturan main’ dalam proses mendampingi dan membina putra-putrinya.
Terkhusus bagi kelas 1 dikarenakan baru sehingga momen pertemuan awal ini dimanfaatkan untuk membentuk kepengurusan Dewan Kelas baru. Pengurus berasal dan dipilih oleh dan dari orang tua atau siswa. Untuk kelas 6 pembahasan khusus terkait dengan program sukses kelas 6, baik menyangkut persiapan menjalani Ujian Nasional maupun dalam ketuntasan pencapaian target karakter SIP sewaktu lulus sekolah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s