Rapat Kerja Tahun Ajaran 2016-2017

فَإِذَا فَرَغْتَ فَانْصَبْ , kemudian apabila engkau telah selesai (daripada sesuatu amal soleh), maka bersungguh-sungguhlah engkau berusaha (mengerjakan amal soleh yang lain) (Al-Insyirah : 7). Semangat inilah yang meliputi meskipun tahun ajaran 2015-2016 belum usai, perencanaan pembelajaran tahun ajaran 2016-2017 sudah dilaksanakan.  Kegiatan Rapat Kerja (Raker) SDIT Alam Nurul Islam dilaksanakan pada hari Jum’at hingga Ahad, 17 – 19 Juni 2016. 
Di Raker kali ini membawa semangat baru, meski dalam kondisi berpuasa Raker diselenggarakan dengan penuh semangat. Dengan diawali dengan tilawah ustadz/ah setengah juz, pada hari pertama disampaikan orientasi visi, misi dan kurikulum SDIT Alam Nurul Islam. Ustadz Hamdan selaku koordinator kurikulum Yayasan Nurul Islam menyegarkan kembali bahwa Sekolah Islam Terpadu  (SIT) lahir dari rahim dakwah. Sehingga aktivitasnya sudah tentu tidak akan terlepas dari aktivitas dakwah. Membangun peradaban bangsa yang lebih baik. Visi pendidikan SIT tersebut diturunkan dalam bentuk kurikulum. Kurikulum yang merupakan memadukan antara kurikulum nasional, JSIT dan pengembangan metode sekolah alam jadilah kurikulum Sekolah Alam Nurul Islam. Pada tahun ajaran ke depan kurikulum SDIT Alam akan meneguhkan bentuknya dengan ciri tetap berdasarkan pembelajaran tematik dari kelas 1 hingga 5, tema merupakan perpaduan dari SK dan KD kurikulum dinas yang diramu dengan nilai-nilai Keislaman, serta ditambah dengan pembelajaran Pengembangan Diri. Begitu banyaknya kegiatan pengembangan diri di SDIT Alam, untuk kali ini dilakukan pengaturan sehingga bisa terakomodasi dengan struktur kurikulum dinas.
Yang menjadi usaha keras dalam Raker kali ini juga, target semua perencanaan yang biasanya satu semester diperpanjang menjadi satu tahun. Ditambah lagi seluruh program tersebut harus muncul nominal anggarannya karena tekad untuk membuat anggaran riil sehingga serapan anggaran akan bisa lebih efektif dan efisien. Setiap level kelas secara global membahas 2 program pembelajaran. Pembuatan tema beserta turunannya hingga ke nominal anggaran, serta program pendukung SIP, Sholih, Ilmuwan dan Pemimpin yang merupakan target pembentukan karakter di setiap level. 
Selain perencanaan level tidak ketinggalan pula perencanaan program juga harus dibahas untuk setahun beserta anggarannya. Sehingga bisa dipastikan pelaksanaan program bisa berjalan dengan baik. Tak ketinggalan selain dalam hal anggaran, dibahas juga prosedur-prosedur pelaksanaan sehingga untuk setiap aktivitas selama setahun kedepan. Sehingga dipastikan setiap komponen di SDIT Alam Nurul Islam mampu bersinergi bergerak untuk merealisasikan rencananya.
Yang tak kalah ketinggalan, penanggung jawab kegiatan selama setahun juga harus merencanakan bentuk kegiatan berikut target tujuannya. Anggaran detail juga harus sudah muncul sehingga di akhir raker ini seluruh pembiayaan selama setahun bisa terpampang dengan jelas. Dengan begitu, pimpinan bisa mempunyai gambaran yang jelas dalam mengelola pemasukan dana dari berbagai sumber untuk membuat prioritas pelaksanaan kegiatan.
Di hari terakhir setelah pleno semua perencanaan, kegiatan raker ditutup dengan acara buka bersama. Rasa puas meliputi saat semua target Raker mampu diselesaikan dengan tuntas. Tinggal meneguhkan tekad untuk merealisasikan seluruh keputusan dan kesepakatan yang terlahir dari Raker ini untuk kemajuan SDIT Alam Nurul Islam ke depan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s