Lomba Pustaka 2016

Cita-cita karakter SIP, Sholih, Ilmuwan dan Pemimpin akan selalu menjadi tujuan dalam setiap aktivitas pembelajaran di SDIT Alam. Tujuan SIP bukanlah kognitif, yang dihafal saja. Namun jauh mendalam menjadi karakter setiap guru dan siswa yang mantap. Sehingga karakter yang terbentuk harus terus diasah supaya semakin tajam. Untuk mengasah karakter Ilmuwan, SDIT Alam mempunyai even tahunan berupa Lomba Pustaka. Kali ini pelaksanaannya dari tanggal 13 – 16 Juni 2016. Even yang disediakan untuk siswa untuk mengasah dan melihat karya mereka di bidang kepustakaan dan keilmuwanan. Ditambah, untuk tahun ini even Language Competition melengkapi untuk mengasah kemampuan skill berbahasa. Inggris dan Jawa.

Pembukaan Lomba Pustaka dan Language Competition ditandai dengan kegiatan lepas burung Emprit dan Dara. Sebagai simbolisasi pembebasan berpikir untuk melahirkan ide-ide brilian yang tergores dalam karya-karya yang mengabadi. Terbang bebas meninggi setinggi cita-cita dan obsesi setiap anak setinggi langit. Seperti yang disampaikan kepala sekolah dalam sambutannya, bahwa pengakuan kecerdasan seseorang itu bukan pada dapat nilai berapa ujiannya, seberapa sukses ia mengerjakan soal tes. Namun, seberapa banyak, seberapa bagus karya sehingga mampu menginspirasi banyak orang untuk melakukan kebaikan.
  
Selain lomba yang berbasiskan perpustakaan, digelar juga lomba kreasi Sains. Siswa secara individu maupun kelompok mendaftarkan kreasi Sainsnya. Di saat perlombaan, setiap peserta diminta presentasi di depan juri untuk memaparkan latar belakang dibuatnya karya. Kemanfaatan, seluk-beluk pembuatan hingga desain produknya. Meski dari segi pembuatan masih mendapatkan bantuan dari pembimbing, namun ide awal yang melatarbelakanginya termasuk original. Ada yang melihat ruangan yang panas dan bikin gerah, muncul ide untuk membuat pendingin ruangan yang sederhana. Menggunakan kipas listrik bekas, dimasukkan dalam boks plastik yang di dalamnya dimasukkan es batu. Ujung boks dilubangi yang mana saat kipas dihidupkan, hawa dingin es akan mengalir keluar.
 Kali ini Lomba Pustaka untuk kali keduanya disertai dengan even Language Competition. Kompetisi skill bahasa Inggris dan Jawa. Spelling Bee, Story Telling dan Singing untuk bahasa Inggris. Nembang dan Crita untuk bahasa Jawa. Di luar dugaan, peserta yang mendaftar sangat antusias. Siap mengasah kemampuan dalam bahasa Inggris dan Jawa. 
Tak tanggung-tanggung, untuk juri dihadirkan native speaker sekaligus untuk melatih keberanian anak berkomunikasi langsung dengan Inggris. Karena kata ustadz, Inggris itu masalah mental bukan semata skill, ketrampilan. Karena jika mental bicara dengan Inggris sudah terbentuk maka meski tata bahasanya kurang tepat, komunikasi dengan native jadi percaya diri.
 Terinspirasi dari acara televisi, ada juga lomba rangking 1 untuk mengasah pengetahuan dan wawasan siswa. Mereka diuji kecepatan dan kecekatan dalam memberikan jawaban soal yang diberikan. Lomba yang serupa ada juga Komunikata, menebak sebuah benda dengan deskripsi dan peragaan anggota tubuh dari teman lainnya. 
Anugrah Raja dan Ratu Buku kali ini jatuh pada mas Izee 5A dan Naila 5B. Tertinggi peminjam buku selama tahun pelajaran 2015-2016 adalah sebanyak 105 buku dipegang oleh mbak Aida 5A. Mereka tidak semata diuji secara kuantitas banyaknya buku, namun dicek seberapa paham isi buku yang dibacanya. Piala raja dan ratu buku akan dipergilirkan setiap tahun untuk dipilih siapa yang memang paling suka ke perpustakaan membaca dan meminjam buku.
Selain siswa, diberikan anugrah juga bagi guru yang meminjam buku terbanyak tahun ini. Untuk ustadzah disandang oleh ustadzah Astrid sedangkan ustadz oleh ustadz Sudri. Selamat menjadi inspirasi anak-anak untuk lebih mencintai buku dan berlanjut menghasilkan karya-karya sebagai peneguhan karakter ilmuwan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s