Bike To Fun

Sepedaan atau istilah Jawanya Pit-pitan jadi satu aktivitas pilihan yang menarik untuk refreshing. Ditambah lagi jika sepedaan dilakukan secara bersama-sama, tambah seru. Selain mengandung unsur olahraga dikarenakan gerakan kayuhan kaki yang berkoordinasi dengan tangan, sepedaan juga mengandung unsur relaksasi untuk mengurangi stress dengan menikmati pemandangan sepanjang perjalanan. Tentu track yang pas untuk sepedaan dipilih tempat yang alami dan dimulai sepagi mungkin agar udara segar sebanyak-banyaknya kita nikmati.
  Wilayah perkampungan dan persawahan yang hijau sangat tepat dipilih sebagai jalur sepedaan. Selain relatif sepi juga sebagi media mengenal nama wilayah serta kondisinya. Terutama sepedaan secara bersama sangat perlu memperhatikan etika selama perjalanan, satu per satu tidak memenuhi jalan.
Selain manfaat personal untuk kebugaran dan kesehatan fisik dan mental, dengan sepedaan kita bisa gunakan sebagai media untuk memupuk kebersamaan. Terutama manakala anak yang sudah mulai menginjak usia baligh, pola pergaulan akan mulai menunjukkan interaksi secara in group, pilih-pilih kelompok sesuai dengan identitasnya. Ego sudah mulai ditonjolkan sehingga untuk mengikis kompetisi yang tidak sehat berujung konflik sangat perlu diikat dengan rasa kebersamaan.
Tidak perlu memforsir energi karena memang tujuan sepedaan adalah refreshing. Manakala lelah sudah muncul, bersama-sama rehat dengan menikmati bekal minum serta snack yang dinikmati bersama-sama menambah serunya suasana.
Satu hal yang mungkin terjadi diluar dari dugaan. Musibah selama kegiatan sepedaan bisa saja menerpa. Tentu penyikapan akan fenomena musibah ini sangat tergantung dari bagaimana melihatnya. Bisa jadi, niat untuk senang-senang berubah menjadi kekecewaan manakala satu anggota mengalami musibah yang otomatis akan menggagalkan kelanjutan sepedaan. Atau bisa jadi peristiwa musibah akan melahirkan perdebatan seru dengan topik utama siapa tersangkanya. Namun, kesyukuran yang tak terhingga saat kita melihat sebuah musibah itu dilihat sebagai ujian yang diberikan oleh Sang Maha Kuasa untuk mengetes seberapa tangguh kebersamaan.
Sebuah kelegaan yang tak terhingga saat satu anak terkena musibah, beberapa anak langsung sigap mencari informasi mana letak bengkel dan tukang las. Allah pasti lebih tahu bahwa setiap ujian disesuaikan dengan kemampuan hamba-Nya. Rupanya bengkel dan tukang las tidak begitu jauh dari lokasi musibah. Bergegas anak-anak langsung mengambil serpihan sepeda yang terpotong menjadi beberapa bagian untuk di bawa ke bengkel dan tukang las. Tidak sampai disitu, ternyata si korban tidak membawa uang cukup untuk biaya pembetulan sepeda. Beberapa anak langsung memberikan uangnya supaya biaya pembetulan sepeda lunas terbayar. 
Salut atas kesigapan untuk menemukan solusi tanpa berdebat mencari siapa yang salah. Satu soal ujian yang bisa sukses diselesaikan bersama-sama. Sangat benar Allah SWT memberikan setiap masalah itu untuk menaikkan derajat hamba-Nya yang diuji. Selamat nak, kalian naik derajat !!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s