Outbound Versi Februari 2016

Pekan kedua Februari ini jadwal outbound. Dimulai dari kelas atas, 4 – 6 masing-masing kelas membuat konsep outboundnya sendiri-sendiri. Seperti kelas 5 dikarenakan tema pembelajaran yang dijalani adalah ‘Cahaya’ maka rangkaian permainan outbound pun tidak lepas dari tema pembelajaran tersebut. Meski tetap dengan mata acara outbound yang sama bisa jadi muatan materinya bisa berbeda. 
Setelah pemanasan untuk mengkondisikan sendi dan tulang supaya tidak keseleo dan cedera selama outbound. Pemanasan dilakukan secara bersama-sama menggunakan senam bergenre aerobik. Salah satu pos outbound kali ini adalah Susur Labirin. Setiap siswa dengan mata tertutup menggunakan sapu tangan diharuskan menyusuri track labirin yang terbuat dari patok bambu dan tali rafia. Sewaktu menyusuri labirin siswa dipandu teman lainnya dengan petunjuk lisan. Koordinasi tubuh, kepercayaan, dan respon instruksi menjadi kemampuan yang harus dimiliki supaya sukses menempuh track labirin. Siswa dikatakan gagal manakala menyentuh batas track dan diberi kesempatan sebanyak 3 kali.
Pos berikut adalah Pesan Terbalik. Setiap siswa dengan kelompoknya diharuskan untuk membaca pesan yang ditulis secara terbalik. Permainan ini mengandung materi pencerminan sesuai dengan tema pembelajaran ‘Cahaya’. Cermin sebagai benda bening akan memantulkan cahaya namun dengan posisi terbalik. Dengan membaca pesan menggunakan cermin maka tulisan pesan tersebut di dalam cermin akan kelihatan normal sehingga lebih mudah untuk dibaca.

Untuk high impact kali ini adalah Rakit Keseimbangan. Setiap pasangan siswa diminta untuk merakit dengan posisi, seorang sebagai pengemudi dengan menarik tali. Satunya sebagai penumpang diharuskan berdiri. Pengemudi harus mengerti benar dalam menjalankan rakit, mana yang berarus besar mana yang tidak. Sehingga penumpang bisa dengan nyaman berdiri menumpang selama perjalanan rakit.

Bagi pasangan yang koordinasinya kurang harmoni akan berakibat pada musibah selama perjalanan. Antara pengemudi dan penumpang akan terjerembab masuk ke sungai dan gagallah rakit tersebut. Di permainan high impact ini andrenalin dipacu supaya muncul keberanian dalam mengambil resiko. Selain mereka tidak melakukan sendiri karena harus kerjasama dengan pasangan, maka rasa egois akan dikikis dengan menjalani permainan ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s