Outing Kelas 2 : Kerukunan di Desa Wisata Grogol

Mengangkat tema Kerukunan dan Perubahan Sifat Benda, kelas 2 mengadakan kegiatan outing untuk memperdalam pembelajaran memilih lokasi di desa Wisata Grogol Seyegan Sleman. Di Hari Selasa, pas Hari Pahlawan 10 November 2015 bersamaan dengan outingnya kelas 1. Tema kerukunan sangat abstrak untuk hanya disampaikan dengan ceramah saja. Butuh dilakukan, dipraktekkan bersama. Pilihan di desan wisata Grogol yang menyediakan wahana wisata berupa permainan kerjasama, dan wisata kuliner cukup tepat.

Kegiatan di awal yang diikuti siswa adalah mengikuti fun games yang dibawakan oleh kakak-kakak instruktur outbound di sana. Fun Games yang berisi permainan yang bertujuan untuk mengasah kerukunan antar siswa. Mereka diuji melalui permainan tersebut apakah ada anak yang bisa bekerjasama ataukah malah egois ingin nyaman atau menang sendiri. Seperti game duduk bersama. Jika siswa saling tenggang rasa sudah pasti bisa melakukan duduk semua. Tapi, satu anggota saja yang gak mau tenggang rasa, mengalah, pasti deh semua gk bakalan dapat kedapatan duduknya.

 Permainan berikutnya adalah tarik tambang di atas kolam. Kekuatan penuh menjadi kunci kemenangan permainan ini. Begitu juga dengan kekompakan dalam menarik. Jika gak kompak, bisa jadi kelompok lawan yang akan menang.

 

Jika di awal permainan secara kelompok, setiap individu siswa juga diasah keberaniannya untuk meniti tali yang terukat dengan bambu di atas kali. Koordinasi antara keseimbangan dan kekuatan menahan badan menjadi penting supaya bisa meniti tali hingga ujung.

Selesai permainan dilanjutkan dengan mencari ikan di kolam. Kerjasama antar siswa juga penting supaya ikan yang ditangkap dengan mudahnya bisa diperoleh. Belum tentu banyaknya penangkap ikan kemudian bisa cepat menangkap ikan. Karena ikan lebih gesit ditambah lagi air kolam yang gelap membuat ikan mudah untuk melarikan diri.

 

Selesai menangkap ikan, secara berkelompok kemudian siswa memasak ikan hasil tangkapannya. Pilihan menunya adalah ikan bakar. Sambil memasak, setiap siswa mengamati bagaimana perubahan ujud ikan sewaktu diberi energi panas. Dari warna, bau, dan yang terakhir rasanya. . . . hi . hi

 

 Selesai memasak dilanjutkan dengan sholat Dhuhur berjama’ah. Ah, perut kosong sudah berbunyi, selesai sholat secara bareng-bareng, seluruh kegiatan ditutup dengan kegiatan makan bersama. Nampak, kerukunan sudah mereka wujudkan selama satu hari outing kali ini. Semoga kesan dan pengalaman tersebut membekas kuat dan akan terus dibawa hingga menyertai pertumbuhannya. Amiin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s