Outing Kelas 3 : Mie Lethek, Kasongan dan Benteng Vredeburg

SDITAlamania, hari Selasa, 17 November 2015, kelas 3 mengadakan outing yang mengangkat tema pembelajaran Benda dan Perjuangan. Dipilihlah 3 tempat outing untuk ekplorasi lebih mendalam terkiat 2 tema tersebut. Pertama, pabrik Mie Lethek di Srandakan Bantul, Sentra kerajinan tanah liat Kasongan Bantul dan terakhir di Museum Vredeburg.

Di mie lethek anak2-anak melihat proses pembuatan mie lethek yang proses pembuatannya dibantu dengan tenaga sapi untuk memutar roda besar pencampur adonan mie yang bahan dasarnya dari tepung ketela. Pertama, tepung dicampur kemudian dicampur dengan bantuan sapi Jawa. Setelah dicampur kemudian diinjak-injak dengan menggunakan tenaga manusia yang dialasi karung. Setelah itu, adonan yang sudah jadi mie kemudian dipanaskan memakai oven besar dengan bahan bakar kayu. Selesai dipanaskan, langsung dijemur selama 2 hari sampai kering. Dijemur di atas papan bambu. Setelah kering, mie lethek diambil (dirontokkan) & siap di packing….

Tempat yang kedua, kita ke Kasongan di tempat pembuatan gerabah dari tanah liat. Anak-anak mengikuti workshop pembuatan benda-benda untuk souvenir dari tanah liat. Tanah liat dibentuk sesuai keinginan kita, ada bentuk hewan (seperti kura-kura, katak, gajah, dll). Bisa bentuk vas bunga, gelas, mobil-mobilan, bunga dll.

Setelah mendapatkan contoh cara membuat gerabah, anak-anak langsung praktek membuat benda kesukaannya. Jadilah benda-benda yang mewakili imajinasi dan kesayangan. Setelah dibentuk menjadi benda-benda, dilakukan penghalusan menggunakan air dengan cara digosok pelan. Setelah permukaan menjadi halus, siap untuk dibakar supaya keras. Sebagai finishing setelah dibakar, benda-benda tadi kemudian diwarnai dengan cat.

 Untuk kegiatan di benteng Vredeburg, anak-anak berkeliling dengan dibantu pemandu untuk melihat diorama seputar perjuangan kemerdekaan khususnya di daerah Yogyakarta. Pembentukan TKR, diangkatnya jenderal Sudirman sebagai panglima besar TKR.

 Perjuangan yang dilakukan panglima besar Sudirman, jenderal A.H Nasution yang bergerilya dari daerah Boro, Kulon Progo, lewat Turi, Ngemplak, Pakem, Kalasan, Prambanan sampai Klaten. Berdirinya Budi Utomo serta sejarah berdirinya benteng Vredeburg. Terakhir anak-anak nonton film 3 dimensi tentang perjuangan kemerdekaan di wilayah Yogyakarta. Yogyakarta sebagai kota perjuangan serta sejarah berdirinya benteng Vredeburg.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s