Kegiatan Tutup Tema Kelas III dan V

Dear SDIT Alamania, menjelang semester ganjil ini berakhir, beberapa kelas mulai memungkasi kegiatan pembelajaran tematik. Seperti biasa, setiap pembelajaran tematik akan ditutup dengan kegiatan sebagai proyek yang menghasilkan produk dari hasil pembelajaran tematik tersebut. Di hari Selasa, 10 November 2015 ini pas bersamaan kegiatan tutup tema dilaksanakan oleh kelas III dan V. Kelas III dengan Budaya Nusantara dan Kelas V dengan tema Sejarah.

Kelas III menampilkan expo berupa panggung penampilan tari-tari dan nyanyian dari daerah seluruh nusantara. Setiap anak sudah menyiapkan kostum sesuai dengan daerah dimana mereka harus tampilkan. Anak-anak nampak antusias menampilkan budaya dari setiap daerah. Meski bukan merupakan asalnya.

  Yang belum dapat giliran tampil dokumentasikan dulu penampilan temannya. Dengan senyam senyum para audiens menikmati suguhan penampilan. Memberikan apresiasi atas keberanian dan ekspresi dalam menampilkan seni budaya dari daerah nusantara. Selain tampilan nyanyi dan tari, ada juga pameran makanan nusantara.

Makanan khas daerah ini sengaja dihadirkan untuk memberikan pengetahuan kepada para pengunjung bahwa negeri kita ini kaya dengan potensi kuliner. Hampir setiap daerah mempunyai makanan khas dengan ciri khas bumbu masing-masing. Bukan hanya makanan buatan, pun juga ada buah khas yang memang hanya banyak tumbuh di daerah tertentu, jadilah buah itu menjadi buah khas daerah.

Ketertarikan pengunjung membuat mereka harus rela antri mengular meski stan makanan belum buka. Banyak yang penasaran dengan yang namanya es Mambo dari Kalimantan. Rasanya gimana ya ?

Di siang harinya, kelas V mengadakan tutup tema pembelajaran melalui kegiatan bertajuk Pameran 3D History Book. Sesuai dengan judulnya, pameran ini mengupas tuntas terkait dengan sejarah perkembangan kerajaan Hindu, Budha dan Islam di Indonesia.

Pameran terdiri dari stan-stan yang berisi berbagai macam permainan bertema sejarah kerajaan. Salah satu stan dijaga oleh siswa berkostum Hasanuddin. Stan yang dijaganya berupa permainan tebak gambar. Bagi pengunjung yang hadir di stan wajib menebak gambar yang berada di stan tersebut. Ada gambar tokoh, prasasti dan kerajaan. Bagi yang berhasil menebak akan mendapatkan satu tiket yang bisa ditukar snack di stan keluar.

Ada juga stan 3D Book yang berisi informasi tentang kerajaan di Indonesia. Uniknya, buku kliping ini dibuat secara 3 dimensi, sehingga jika dibuka maka beberapa gambar akan muncul secara 3 dimensi.

Ada juga stan yang memberikan kuiz tebak lokasi kerajaan. Pengunjung diminta untuk menempelkan lokasi kerajaan pada peta nusantara. Sekali lagi bagi yang berhasil akan mendapatkan kupon berhadiah.

Selain menjawab kuiz, setiap pengunjung juga diminta untuk memilih stan yang paling menarik serta memilih kostum menarik yang dipakai para siswa yang menjaga stan atau berkeliaran di sepanjang pameran. Memang sih, kostum itu seharusnya adalah tokoh kerajaan, tapi karena supaya menarik banyak pengunjung ada juga yang memodifikasi kostum tokoh dengan sesuatu yang mengundang kelucuan. Lucu sih iya tapi juara gak ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s