Percobaan Fotosintesis dengan Hydrilla Verticillata

Dear SDITAlamania, mempelajari proses fotosintesis pada tanaman tidak cukup hanya membacanya lewat buku semata. Kalo lihat proses fotosintesis melalui tayangan video sih lumayan membantu memberikan gambaran gimana fotosintesis itu berlangsung. Tapi lebih mengena lagi jika mempelajari fotosintesis itu dilakukan melalui percobaan. Dari berbagai macam percobaan untuk membuktikan proses fotosintesis, ada satu hal yang pas jika dilakukan untuk siswa SD. Apakah itu?

Siswa kelas 5 melakukan percobaan pengamatan proses Fotosintesis hari Jum’at 11 September 2015 atas bimbingan dari Ibu Siti Aisyah, bundanya Mbak Iza yang merupakan dosen Biologi di Universitas Islam Negeri. Beliau dibantu oleh beberapa asisten yang ikut menjelaskan dan mendampingi bagaimana percobaan itu dilakukan. Bahan yang digunakan adalah menggunakan tanaman Hydrilla Verticillata. Tanaman yang daunnya mirip dengan pohon pinus namun lebih lembut.

 Tanaman tersebut dimasukkan ke dalam gelas kimia yang berisi air. Kemudian ujung atas tanaman ditutup dengan gelas corong yang ujungnya ditutup dengan tabung reaksi. Dengan bekerja secara kelompok, anak-anak diberi satu paket bahan percobaan. Setiap kelompok membawa satu buah lampu penerang yang cukup terang. Lampu tersebut nantinya digunakan untuk menerangi tanaman Hydrilla. Tujuannya supaya tanaman tersebut melakukan proses fotosintesis. Jika proses tersebut berlangsung, maka akan muncul gelembung-gelembung oksigen yang akan keluar dan mengumpul di dalam tabung reaksi.

Ternyata gelembung-gelembung udara mulai keluar manakala tanaman Hydrilla disinari dengan lampu. Hal tersebut membuktikan bahwa proses fotosintesis menghasilkan oksigen. Siswa-siswa menghitung berapa jumlah gelembung udara yang terbentuk. Di akhir percobaan, Bu Aisyah menjelaskan terkait dengan proses fotosintesis. Siswa mencatat informasi penting dan menyimpulkan dari proses percobaan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s