Latihan Ketrampilan Kepramukaan (LKK) dan Orientasi Kamabigus SAKO Pramuka SIT Yogyakarta

Dear SDITAlamania, menyongsong kegiatan Kemah Ukhuwah Nasional yang ke-3 Satuan Komando (SaKo) Pramuka SIT yang akan dilaksanakan pada tanggal 3 hingga 7 November 2015 di Wana Wisata Coban Rondo Malang, setiap Gugus Depan Sako Pramuka SIT mulai melakukan persiapan. Mulai dari melakukan seleksi peserta, penyiapan perlengkapan dan akomodasi peserta, hingga melakukan pelatihan untuk para pembina yang akan mendampingi Kemah Ukhuwah Nasional ke-3. Berbeda dengan pelaksanaan Kemah Ukhuwah ke-1 dan ke-2 yang berlokasi di Cibubur Jakarta. Untuk pelaksanaan kali ini sengaja dipilih di luar lokasi Jakarta. Sehingga relatif dari segi jarak dari Jogja lebih dekat dibanding ke Jakarta. Namun begitu, persiapan haruslah dilakukan dengan kesungguhan.

Selain di level Gugus Depan, di level Pimpinan Satuan Komando (Pinsakoda) Pramuka SIT DIY juga melakukan persiapan dalam menyongsong Kemah Ukhuwah Nasional ke-3 tersebut. Yaitu dengan melaksanakan Latihan Ketrampilan Kepramukaan (LKK) untuk para pembina pendamping Kemah Ukhuwah Nasional ke-3. Pelaksanaannya berlangsung 3 hari dari tanggal 11 – 13 September 2015 bertempat di SDIT Insan Utama Bantul. Di LKK tersebut, para pembina mendapatkan materi baik berupa pengetahuan maupun ketrampilan yang menunjang di Kemah Ukhuwah Nasional ke-3.

Selain LKK, Pinsakoda Pramuka SIT DIY juga melakukan orientasi kepada Kamabigus (Kepala Majelis Pembimbing Gugus Depan) yang dijabat oleh kepala sekolah. Di orientasi ini, para Kamabigus mendapatkan sosialisasi terkait dengan sejarah keberadaan Sako Pramuka SIT. Dahulu sebelum bergabung dengan Pramuka, di setiap sekolah Islam Terpadu kegiatan yang berjalan adalah Pandu SIT. Namun seiring perjalanan setelah dipelajarai bersama, ternyata banyak kesamaan visi-misi serta muatan dalam Pramuka dan Pandu SIT. Apalagi dengan telah disyahkannya Undang-undang No. 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka yang mana di dalamnya memuat adanya upaya gerakan Pramuka yang mengakomodasi kegiatan pramuka untuk komunitas yang mempunyai kesamaan ciri yang diwadahi dalam sebuah tempat bernama Satuan Komando atau Sako. Sehingga Pandu SIT memutuskan bergabung dengan Pramuka dan berubah nama menjadi Sako Pramuka SIT.

Logo Pandu SIT

Logo Sako Pramuka SIT

Sukses untuk Kemah Ukhuwah Nasional Ke-3 Sako Pramuka SIT !!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s