Science Fair Kelas 5 : Organ

SDIT Alamania, menutup tema pembelajaran ‘Organ’, kelas 5 SDIT Alam Nurul Islam mengadakan Pameran Sains hari Kamis, 27 Agustus 2015. Di tema pembelajaran Organ, siswa kelas 5 mempelajari sistem Pernapasan, Peredaran Darah dan Pencernaan. Belajar sistem organ tersebut sangat dibutuhkan hafalan. Dan tentu saja pemahaman. Karena hafal tanpa memahami letak dan wujudnya tentu tidaklah sempurna. Selama kurang lebih 3 pekan tema pembelajaran Organ dieksplorasi oleh para siswa. Nah, untuk menutupnya anak-anak membuat proyek Pameran Sains. Disitu mereka akan membuat 6 stand pameran. Masing-masing berisi media permainan menarik dengan tema sistem Organ. Sehingga siapa saja yang ingin belajar sistem organ jadi menarik. Para siswa menjadikan pameran tersebut sebagai alat untuk menambah pemahaman lagi terkait dengan materi sistem Organ. Dikarenakan di situ mereka akan diharuskan menjelaskan di setiap media yang dipamerkan.

Pameran dibuka jam 09.00 untuk memberikan kesempatan kepada para pengunjung dari kelas lain yang sedang memasuki waktu istirahat. Sebelumnya tim kelas 5 sudah menyebar informasi pameran di setiap kelas. Sehingga tak heran jika istirahat tiba banyak anak langsung menuju ke lokasi pameran. Setiap pengunjung diharuskan melewati pintu masuk pameran. Di meja resepsionis pengunjung akan mendapatkan 6 tiket untuk masuk di setiap stand pameran. Semuanya gratis tis.

Pengunjung nampak antri mengular, dari wajahnya keliatan pingin tahunya gede. Ada apa saja ya di setiap stan. Tidak hanya pengunjung dari kelas atas, dari kelas 1 yang jadi siswa baru pun ndak kalah ketinggalan. Mungkin dari segi materi masih sulit banget mencernanya tapi karena media yang disediakan dalam bentuk mainan interaktif tak ragu juga mereka untuk mengantri.

Padatnya pengunjung tidak meningkatkan intensitas penjaga stan untuk menerangkan isi stan mereka. Justru mereka senang bukan kepalang dapat pengunjung banyak. Karena pihak panitia pameran alias ustadz-ustadzah sudah menyediakan penghargaan bagi stan yang menarik pengunjung paling banyak.

 Stan organ pencernaan menampilkan media alur pencernaan yang dikemas dalam mainan mini hole. Setiap pengunjung dapat bermain dengan menggelindingkan kelereng kecil menyusuri alur organ pencernaan manusia untuk kemudian menemukan lubang-lubang kecil. Bagi pengunjung yang berhasil dapat reward berupa snack yang sudah disediakan penjaga stan.

Ada juga di stan Peredaran Darah, pengunjung diminta untuk menjalankan mobil-mobilan dengan cover sel darah. Perjalanan yang harus ditempuh merupakan rute peredaran darah besar dan kecil.

 Ada juga stan Enzim Pencernaan, pengunjung diminta untuk memasukkan nama-nama enzim ke dalam kantong yang diberi nama organ pencernaan. Kayaknya untuk yang ini siswa kelas kecil belum mampu deh. Sulit banget sih.

Pengunjung yang beruntung bisa foto bareng dengan maskot pameran, Manusia bertopeng. Wuih cakepnya manusia bertopeng, senangnya bisa foto bareng. Menarik banget Pameran kali ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s