Dirgahayu Republik Indonesia yang Ke-70

Dear SDIT Alamania, bulan Agustus adalah bulan yang sakral bagi bangsa kita. Di bulan itulah negara kesatuan kita lahir, atas berkah rahmat Allah menggapai kemerdekaannya. Setelah melalui perjuangan beberapa generasi. Setelah melalui perjuangan perang dan diplomasi. Tepatnya, 17 Agustus 1945, Soekarno dan Hatta resmi memproklamasikan kemerdekaan negeri tercinta ini. Setiap tahun berbagai lapisan masyarakat menyelenggarakan berbagai kegiatan dalam rangka peringatan kemerdekaan Republik Indonesia. Mulai dari lomba-lomba, tirakatan, kunjungan ke Taman Makam Pahlawan serta puncaknya adalah upacara bendera 17 Agustus.

Tak ketinggalan di SDIT Alam Nurul Islam, peringatan kemerdekaan RI dilaksanakan dalam rangka untuk menumbuhkan kecintaan siswa-siswa pada tanah air Indonesia. Mengingat betapa berat perjuangan yang dilakukan oleh para pahlawan dengan pengorbanan harta dan jiwa demi negeri ini bebas merdeka dari kungkungan para penjajah. Anak-anak bersemangat menyanyikan lagu wajib terkhusus Hari Merdeka sembari mengibarkan bendera Merah-Putih.

Ust. Ariefuddin selaku kepala sekolah menyampaikan pesan bahwa kesyukuran layak kita sampaikan kepada Allah SWT atas karunia kemerdekaan hingga saat ini. Sudah sepantasnyalah kita layak untuk mempertahankan kemerekaan ini dengan peran serta memajukan negeri kita tercinta dengan aktivitas belajar yang tekun. Sehingga kita akan dapatkan generasi penerus yang akan mampu mengelola kekayaan negeri ini dengan baik. Bukannya malah menghadirkan bangsa asing yang akan masuk ke negeri kita tercinta. Sedangkan kita sebagai tuan rumah justru malah menjadi pembantu yang disuruh-suruh. Kondisi merdeka adalah kondisi yang bebas dari rasa takut, terpenuhinya kebutuhan pokok, sehingga apabila kita sedang belajar di kelas kemudian ada teman kita yang menakuti, mengancam, memaksa, hakikatnya ia sedang menjajah kemerdekaan kita. Luruskan, perbaiki kebiasaan buruk itu sehingga kita benar-benar menjadi manusia merdeka.

 

Di acara peringatan ini, para siswa menyimak video ilustrasi perjalanan sejarah kemrdekaan negeri kita tercinta ini dari kedatangan para penjajah hinga proklamasi 17 Agustus 1945. Para siswa menjadi memahami bagaimana proses perjuangan, siapa saja yang terlibat sehingga akan tumbuh rasa kecintaan dan penghormatan kepada para pahlawan.

 Selain itu, kesiswaan SDIT Alam menggelar lomba peringatan kemerdekaan RI ke-70 ini dengan beberapa rangkaian. Lomba mewarnai untuk siswa kelas 1 dan 2, lomba menggambar untuk siswa kelas 3 dan 4, lomba membuat cergam dan cerpen untuk siswa kelas 5 dan 6, lomba karya inovasi Sains dan untuk para guru ada lomba cipta media pembelajaran. Kesemuanya bertemakan Kemerdekaan RI. Karya lomba diberi deadline waktu pengumpulan tanggal Jum’at, 28 Agustus 2015. Hasil karya akan dipamerkan dan terakhir akan diumumkan setiap kategori 5 karya terbaik pada hari Rabu 2 September 2015 yang akan mendapatkan piala dan uang pembinaan. Tak ketinggalan di momen ini ada kategori penilaian perorangan bagi yang selalu mengenakan pita Merah-Putih selama bulan Agustus ini. Dirgahayu negeriku tercinta yang ke-70 !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s