Bakti Sosial dan Buka Bersama Ramadhan 1436 H

Dear SDIT Alamania, momen Ramadhan kali ini berbarengan dengan akhir tahun ajaran 2015-2015. Sehingga liburan akhir semester akan berlanjut ke libur lebaran. Cukup panjang, hampir 1 bulanan. Tentu libur panjang selama Ramadhan harus punya efek positif. Ibadah Ramadhan harus lebih giat dan target-target harus dapat tergapai. Karena Ramadhan bersamaan dengan liburan panjang, dengan itu juga program Pesantren Ramadhan tidak bisa dilaksanakan. Namun beberapa agenda tahunan tetep dilaksanakan. Salah satunya adalah Bakti Sosial pembagian Sembako kepada masyarakat sekitar dan Buka Puasa Bersama Ramadhan. Acara tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu, 20 Juni 2015.

 Paket sembako berasal dari donatur para orang tua atau wali siswa. Setiap paket berisi beras 3 kg, minyak goreng 1 liter, gula pasir 1kg, teh dan susu kaleng. Terkumpul 413 buah paket sembako yang siap ditasarufkan ke masyarakat sekitar SDIT Alam Nurul Islam.

Hari Sabtu, siswa-siswi berangkat jam 14.00. Untuk kelas 4 dan 5, kelas 6 juga masih diikutsertakan, berkumpul di masjid setelah sholat ‘Ashar berjama’ah mereka menerima briefing dari koordinator pembagian sembako. Setelah dibagi beberapa kelompok untuk beberapa titik bagi di setiap RT di dusun Cambahan dan Pundung, anak-anak kemudian diminta langsung mengambil paket sembako. Setiap anak membawa satu buah paket. Dengan dibersamai ustadz/ah mereka menuju lokasi tempat pembagian.

 Di sana sudah menunggu Pak atau Bu RT yang akan menjadi pemandu menunjukkan ke setiap rumah mana sembako tersebut akan dibagikan. Beberapa rumah masih dicocokkan dulu dengan data yang dibawa oleh ustadz/ah. Bahkan ada data kepala keluarga yang dari kenampakan rumahnya termasuk kaya, karena punya mobil dan rumahnya cukup mewah. Untuk data yang seperti itu dibatalkan karena prioritas bagi yang memang layak dapat sembako saja.

 Jika kelas atas membagikan sembako, kelas bawah mengikuti acara penggalangan dana untuk muslim Rohingya dan dilanjut dengan dongeng bersama Kak Aris Pahlawan Bertopeng. Di acara penggalangan dana Rohingya, anak-anak diberi tayangan terkait dengan penderitaan muslim Rohingya yang diusir dari tanah airnya oleh kaum dzalim. Sehingga mereka harus melarikan diri menggunakan kapal-kapal kayu. Beberapa terkatung-katung berbulan-bulan di tengah laut. Kelaparan dan sakit. Alhamdulillah, beberapa pengungsi ditampung rakyat Aceh dan diberi kebutuhan seperti pangan, sandang dan tempat tinggal layak sehingga bisa hidup nyaman. Dari penggalangan dana Alhamdulillah terkumpul dana Rp. 3.570.900 dan 5 real untuk penyalurannya dilakukan melalui ACT, Aksi Cepat Tanggap DIY. Atas nama panitia menyampaikan Jazaakumullahu Khairan Katsiraa atas peran serta Bapak/Ibu Orang Tua/Wali siswa SDIT Alam Nurul Islam dalam memberikan shodaqoh berupa paket sembako dan dana bagi muslim Rohingya. Semoga Allah membalas dengan balasan terbaik, berlipat terkhusus di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini. Amiin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s