Outing Kelas 3 : Petualangan di Taman Buah Mangunan dan Belajar Membuat Thiwul

Dear SDITAlamania, jadwal outing kelas 3 dilaksanakan pada hari Selasa, 28 April 2015. Tema pembelajaran kali ini adalah Bentang Alam dan Pelestarian Sumber Daya Alam. Dipilihlah obyek Taman Buah Mangunan serta mampir di industri pembuatan Thiwul Mbok Sum. Di dua obyek ini dimaksudkan agar anak-anak lebih dekat dan secara langsung bereksplorasi untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan serta pengalaman yang akan menjadi oleh-oleh dari kegiatan Outing. Dari ketinggian Taman Buah Mangunan, anak-anak bisa saksikan langsung luasnya bentang alam. Tampak sungai berkelok, barisan bukit memanjang, pemukiman yang tampak luas terpandang. Sedangkan di Taman Buah sendiri disediakan beberapa tempat pengembangan pertanian selain buah. Ada peternakan sapi dan budidaya tanaman sayuran.

Sebagai bentuk melatih melestarikan alam, anak-anak juga diajak melepas burung ke alam bebas di lokasi. Suasana alam yang hijau nan asri selain untuk keselamatan alam dan lingkungan dari bencana alam, sangat baik juga sebagai sumber inspirasi dan refreshing dengan suguhan pemandangan ciptaan Allah yang indah. Selesai kegiatan di Taman Buah Mangunan, rombongan melanjutkan perjalanan menuju sentra pembuatan Thiwul. Makanan khas dari Gunung Kidul yang terbuat dari ketela pohon.

Makanan alternatif pengganti nasi ini sudah menjadi makanan penting di Gunung Kidul. Apalagi dengan kondisi tanah yang sulit air serta berbatu, tanaman ketela pohon atau singkong menjadi pilihan. Thiwul dibuat dari tepung singkong yang masih kasar. Orang sering menyebutnya gaplek. Gaplek dibuat kecil-kecil kemudian dikukus dengan daun pisang. Masukkan gula jawa / merah yang dihaluskan ke dalam adonan gaplek. Setelah kurang lebih 60 menit, kukusan dikeluarkan. Siapkan parutan kelapa yang juga dikukus sebagai pelengkap makan thiwul. Nah, jadi deh Thiwul Ayu yang siap disantap. Bisa kan buatnya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s