Gerhana Bulan Total : Sholat Khusuf dan Pengamatan dengan Teropong Sky Watcher 90mm

Dear SDITAlamania, di awal bulan April ini kita disuguhi dengan fenomena kenampakan alam berupa gerhana bulan total, Gerhana bulan yang akan bisa diamati di seluruh bagian Indonesia bisa disaksikan untuk bagian barat mulai pukul 18.00 saat bulan nampak di ufuk Timur. Dan kondisi tersebut bulan sudah terjadi kontak awal. Melihat fenomena tersebut, hari ini, Sabtu 4 April 2015, ustadz-ustadz yang kebetulan pulang dari acara walimatul ursy ustadzah Uul di Kroya langsung menuju masjid Nurul Islam. Pas di lokasi diumumkan akan dilaksanakan sholat sunnah Khusuf. Setelah sholat ‘Isya berjama’ah dilanjutkan sholat Khusuf dengan imam dan khotib Ustadz Riyadhush Shalihin. Sholat 2 raka’at dimana setiap raka’atnya setelah ruku pertama balik berdiri untuk membaca al-Fatuhah dan surah lain. Setelah sholat disambung dengan ceramah yang berisi tentang pengingatan akan kekuasaan Allah SWT dengan fenomena gerhana bulan ini. Ketundukan kita hanya untuk Allah semata, bukan tunduk dengan makhluk lain. Bahkan tunduk dengan bulan atau matahari. Rosul selalu mengajak para shahabat setiap kali gerhana baik bulan maupun matahari untuk melakukan sholat Khusuf atau Kusuf. Dua raka’at, dimana setiap raka’at setelah membaca al-Fatihah dipilih surah yang panjang. Biasa rasul membaca surah al Baqarah di raka’at pertama dan Ali ‘Imran di raka’at kedua.

Setelah selesai khutbah yang diakhiri dengan do’a. Ustadz-ustadz langsung mengeluarkan ‘senjata’ baru dari Taman Sains SDIT Alam. Sky Watcehr kaliber 90mm, setelah diset dan dikalibrasi dengan tepat akhirnya pengamatan bulan yang sudah keluar dari bayang bumi terlihat jelas.

 Masya Allah, permukaan bulan nampak jelas terlihat kawah-kawahnya. Sayang momen ini pas kegiatan pembelajaran libur sehingga siswa-siswa tidak bisa turut serta melakukan pengamatan. Yang paling dekat siswa kelas 2 akan melakukan pengamatan sunset di pantai Kwaru Bantul di saat outing kedua semester ini. Ayo, kelas mana lagi yang akan turut membidik benda langit?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s