Chained Water – Time Bomb – Tarzan Swing

Dear SDIT Alamania, outbound pekan ini adalah jadwal untuk kelas atas. Kelas 4, 5 dan 6. Hari Rabu adalah hari outbound untuk kelas 5. Satu kegiatan outbound akan berlangsung dalam 3 sesi. Pemanasan, Fun Game dan High Impact berikut Low Impactnya. Pada kesempatan kali ini siswa kelas 5 melakukan pemanasan menggunakan gerakan senam yang diiringi lagu. Senam bernuansa aerobik ini cukup membuat panas siswa-siswi. Tak heran jika keringan langsung mengucur deras di sela-sela rambut kepala. Setelah pemanasan rehat sebentar untuk meneguk air sebanyak mungkin supaya dehidrasi bisa tercegah. Segar kembali dilanjut kemudian dengan fun game. Kali ini yang dimainkan adalah Air beranting. Semua siswa dibawagi menjadi 6 kelompok. Setiap kelompok bertugas untuk memindahkan air yang dikantongi dalam sebuah plastik secara beranting setiap anggota kelompok. Kelompok yang menang mereka yang mampu memindahkan air paling banyak.

 Siswa akan belajar untuk mengatur strategi. Antara kecepatan dan kehati-hatian dalam merantingkan air dalam plastik. Dari fungame ini akan mudah sekali teramati siapa saja yang sudah well-cooperated, mudah bekerjasama. Siapa yang justru egois, asal dirinya sudah melewatkan air. Bagi anggota kelompok yang tidak berhasil merantingkan air dan justru menjatuhkan maka dipersilahkan untuk tidak ikut kelanjutannya.

Selesai fungame dilanjutkan dengan game low impact dan high impact. Tiga kelas secara bersiklus keliling 3 pos. Pos Time Bomb, pos kepramukaan dan pos Tarzan Swing. Di Time Bomb setiap kelas dibagi 4 kelompok yang terdiri dari 5-6 anggota. Setiap kelompok bertugas untuk menyelesaikan misi menjinakkan bom dengan waktu 10 menit. Mereka hanya diperkenankan menggunakan tali dan karet ban. Bom berupa botol kecil berisi air yang harus dipindahkan ke dalam area radioaktif. Sehingga setiap anggota tidak diperkenankan melewati batas area. Jika botol yang dipindah tumpah maka bom akan meledak dan misi gagal.

Kecermatan dan kerjasama full dibutuhkan supaya misi berhasil. Perintah pimpinan harus jelas dan semua harus taat. Sedikit saja ada yang bergerak sendiri akan mengakibatkan bom tumpah dan dummmm . . . Sedikit nuansa rasa kecewa ketika bom gagal terjinakkan. Tapi kesempatan masih ada.

Selesai pos Time Bomb berpindah ke pos Kepramukaan. Materi Kepramukaan kali ini adalah menyanyikan lagu Mars Pramuka SIT. Lagunya termasuk baru dan wajib dinyanyikan oleh anggota Pramuka SIT dalam setiap kegiatan Pramuka SIT.

 Adzan Dhuhur berkumandang, istirahat bersih diri bersiap untuk sholat Dhuhur di masjid. Tak lupa santap makan siang bersama di kelas untuk menambah kekuatan di pos terakhir, Tarzan Swing.

Selesai makan siang segera menuju ke pos Tarzan Swing. Lokasinya di kali Bedog. Kebetulan kondisi debit airnya lumayan kenceng karena hujan kemarin. Di tengah kali sudah nampak instalasi high impact berupa 4 bambu besar disilangkan dan ditali di tengahnya. Pas di tengah menjulur tali yang akan digunakan untuk berayun menyeberang kali.

Kelihatannya mudah, tapi begitu melakukan butuh koordinasi antara kekuatan, ketepatan mendarat, dan paling penting, keberanian saat mengayun. Di bawah mengalir sungai Bedog yang deras. Meski sudah pake pelampung tapi masih saja ketakutan datang menghinggap.

Kekurangtepatan dalam mendarat bisa berakibat tercebur ke air. Biasanya diakibatkan tali yang dipegang terlalu pendek. Atau bisa jadi karena kaki yang harusnya ditekuk keburu lurus jadinya nginjak air deh. Sesi pertama ngayunnya dari tempat yang tinggi ke rendah. Nah sesi keduanya lumayan menantang karena posisi pendaratan sedikit naik. Ngayunnya butuh lebih kuat.

Tapi alhamdulillah semua anak antusias dan berani menjalani. Karena setelah mereka selesai menyelesaikan semua tantangan akan dapat bonus. Bermain di kali.

Itu bonus yang sangat ditunggu-tunggu. Meski tetep hati-hati, di musim hujan ini banjir bandang kadang datang tiba-tiba. Ustadz-ustadzah tetep mengawasi dan juga mendokumentasikan aksi mereka.

One thought on “Chained Water – Time Bomb – Tarzan Swing

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s