Pesta Siaga Pramuka SIT SDIT Alam Nurul Islam

Dear SDITAlamania, Alhamdulillah kegiatan Pesta Siaga dan Mukhayyam Pramuka SIT SDIT Alam menjelang akhir semester ganjil ini berjalan dengan lancar. Sejak tahun ajaran kemarin (2013/2014) pelaksanaan Mukhayyam dibagi 2, yaitu kelas bawah ( 1 hingga 3) dan kelas atas (4 hingga 6). Untuk kelas bawah dengan kegiatan Pesta Siaga dan kelas atas dengan Mukhayyam. Kegiatan Pesta Siaga diadakan tanpa berkemah dan tanpa menginap. Pelaksanaannya selama 2 hari, Kamis dan Jum’at, 30 dan 31 Oktober 2014. dari pagi jam 08.00 hingga jam 12.00 di sekolah.
 Hari pertama, di pagi hari anak-anak melakukan presensi dahulu. Kemudian menuju masjid untuk melakukan sholat Dhuha berjama’ah. Dilanjut dengan upacara pembukaan Pesta Siaga di lapangan. Seluruh siswa mengenakan seragam lapangan Pramuka SIT yang berupa kaos coklat-coklat. Upacara dilaksanakan dengan petugas ustadz dan ustadzah. Sebagai komandan adalah ustadz Budi dan Inspektur upacara ust. Ariefuddin. Dalam amanatnya, inspektur menyampaikan tentang pentingnya kegiatan Pesta Siaga. Meskipun namanya Pesta tapi tidak semata-mata hanya hura-hura. Tapi di kegiatan ini peserta akan dilatih dalam hal ketrampilan, ketangkasan. Baik fisik, pikiran maupun perasaan. Di Pesta Siaga ini seluruh peserta akan menjalani praktek ukhuwah, dikarenakan setiap regu memang disengaja dicampur dari beberapa kelas. Anak-anak akan memungkinkan untuk saling kenal, yang mana di keseharian bisa jadi tidak sempat dikarenakan letak kelas terpisah. Dari kenal menjadi saling paham. Paham sifatnya, cara ngomong, cara ketawa, cara berjalan bahkan paham hobinya. Trus dengan kepahaman itu memungkinkan kita untuk bisa saling empati. Memahami apa yang dirasakan orang lain. Empati itu akan membawa seseorang untuk tetap dalam kebaikan. Sebaliknya, egois bisa jadi pemicu adanya permusuhan hingga dendam.
Setelah selesai upacara, anak-anak berkumpul di GOR bersama-sama untuk menjalani sesi ice breaking. Sebelum acara inti Pesta Siaga, peserta diceriakan, disemangati dengan yek-yel dan lagu bersama ust. Budi. Tak lupa pesan pembina untuk selalu bawa air minum mengingat cuaca yang sangat terik supaya nggak dehidrasi. Karena selanjutnya mereka akan berpetualang menyelesaikan tantangan tiap pos yang sudah siap.
 Pos PBB, seluruh peserta menjalani latihan bari berbaris bersama pembina. Mereka dilatih sikap siap bertahan dengan sikap siap tanpa ada tambahan gerakan. Pandangan ke depan. Disini anak-anak ditantang kesabarannya berdisiplin untuk selalu tetap dalam sikap siap. Selain siap ada sikap istirahat. Meski istirahat tetap dilakukan dengan gerakan yang tegas.

Di pos meniti papan ini, peserta dilatih dalam hal keseimbangan. Keseimbangan membutuhkan kepercayaan diri. Jika sudah yakin gak bakalan jatuh maka mereka akan berjalan mantap di atas papan.

 Di Pos blindwall ini seluruh peserta ditutup matanya kecuali pemimpin. Mereka dipandu menyusuri rute yang penuh dengan rintangan. Peserta dilatih untuk bisa percaya dengan pemimpin melalui panduannya. Sedangkan pemimpin dilatih untuk bisa empati melihat kondisi setiap anggotanya dalam menyelesaikan setiap rintangan
 
 Di pos ini mereka diharuskan lari 3 lap. Peserta dilatih ketahanan fisik berlari. Selain itu disiplin untuk selalu dalam rute yang sudah ditentukan.
Nah, Pos ini peserta diharuskan untuk menyusuri rintangan dengan merayap. Mirip tentara ya. Ternyata ada 3 gaya merayap.
 Di hari kedua selain masih melanjutkan pos per pos bagi regu yang belum selesai ada kegiatan tambahan yaitu menghitung permainan bintang. Setiap kelompok diberikan peralatan dan diminta untuk menghitung bintang yang ada.
 dan akhirnya saatnya pengumuman kejuaraan. bagi regu yang juara akan mendapatkan hadiah. wah bahagianya regu yang juara. Bagi-bagi ya hadiahnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s