Pra Mukhayyam Pramuka SIT SDIT Alam

Dear SDIT Alamania, menjelang berakhirnya semester ganjil 2014/2015 ini kegiatan rutin Mukhayyam akan digelar. Pelaksanaan untuk kali ini selama 3 hari, mulai Kamis, 30 Oktober 2014 hingga Sabtu, 1 November 2014. Memang, pelaksanaan Mukhayyam SDIT Alam mengalami dinamika perubahaan boleh dikata sering. Bukan berarti tidak konsisten. Namun menemukan bentuk baru untuk lebih mendekatkan pada tujuan yang sudah ditentukan. Mukhayyam sebagai bentuk media aplikasi nilai, pemahaman dan ketrampilan yang harus dimiliki anggota Pramuka SIT. Sehingga, meskipun dari formal organisasi yang dahulunya bernama Pandu SIT kini berubah menjadi Pramuka SIT tidak terlalu menjadi masalah. Karena yang tetep dipegang adalah visi, misi dan tujuannya.
Mukhayyam dari pelaksanaan pertama hanya dimulai dari sore berakhir pagi hari berikutnya dengan peserta seluruh siswa baik dari kelas 1 hingga kelas 6. Kemudian durasi waktunya bertambah menjadi 24 jam. Mulai pagi hingga pagi hari berikutnya. Dinamika berjalan dari kepesertaan dengan melihat evaluasi untuk siswa kelas 1 dan 2 yang masih agak berat untuk berkemah 24 jam, jadinya peserta kelas 1 dan 2 mulai dari sore hingga pagi hari berikutnya. Perubahan terjadi lagi merujuk dengan konsep Pramuka setelah menginduk ke Pramuka SIT, yaitu untuk kelas 1 hingga 3 cukup dengan kegiatan Pesta Siaga tanpa berkemah. Nah, konsep terbaru, mukhayyam ditambah durasi waktunya dari 24 jam menjadi lebih dari 72 jam. Dengan tujuan aplikasi nilai, pemahaman dan ketrampilan butuh waktu lebih dari 24 jam untuk kematangannya.
Nah, karena waktunya butuh 3 hari maka peserta juga harus menjalani acara persiapan. Atawa Pra mukhayyam. Apa sajakah yang dilakukan peserta di acara PraMukhayyam itu ? Mari kita simak.
Acara PraMukhayyam dilaksanakan selama 3 hari. Hari pertama, semua peserta yang dikelompokkan menjadi 20 kelompok melakukan kegiatan musyawarah pembagian tugas dan perencanaan. Kelompok-kelompok di Mukhayyam kali ini menggunakan nama pahlawan nasional. Kelompok 1 Kyai Mojo, Kelompok 2 Panglima Polim, Kelompok 3 Teuku Umar, Kelompok 4 Ki Hajar Dewantara, Kelompok 5 Fatahillah, Kelompok 6 Pangeran Antasari, Kelompok 7 Sisingamangaraja, Kelompok 8 KH Hasyim Asy’ari, Kelompok 9 Pangeran Diponegoro, Kelompok 10 Sultan Hasanuddin, Kelompok 11 Sultan Agung, Kelompok 12 Tuanku Imam Bonjol, Kelompok 13 Moh Yamin, Kelompok 14 Cut Nya’ Dien, Kelompok 15 Cut Meutia, Kelompok 16 Nyai Ahmad Dahlan, Kelompok 17 R Dewi Sartika, Kelompok 18 Laksamana Malahayati, Kelompok 19 RA Kartini dan
Kelompok 20 Nyi Ageng Serang.
Di hari kedua, semua peserta mengikuti kegiatan praktek mendirikan tenda. Sesi pertama menyimak dari pembina ust. Alim Sutopo. Sesi berikutnya peserta tiap kelompok praktek untuk lebih mantap.
Perwakilan anggota tiap kelompok lainnya mengikuti sesi demo masak oleh pembina usth. Yuni. Menu pokok yang dipraktekkan adalah menanak nasi, sayur kangkung dan lauk tempe goreng. Pembina menyampaikan kiat supaya masakan bener-bener enak dinikmati sewaktu mukhayyam.
Hari terakhir, ketiga, semua kelompok melakukan praktek masak sesuai dengan menu pokok yang sudah didemokan hari sebelumnya. Sehingga akan diketahui kesiapan tiap kelompok dalam memenuhi kebutuhan menu makannya mengingat Mukhayyam akan berlangsung selama 3 hari.
Meski PraMukhayyam hanya berlangsung 3 hari sebisa mungkin menambah kesiapan peserta Mukhayyam. Yang lebih penting persiapan peralatan lebih mudah terpantau. H-1 perlengkapan peserta yang cukup berat disarankan untuk dibawa ke sekolah dahulu untuk dipack per kelompok. Selamat bermukhayyam ya Pramuka SIT !!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s