Lawatan dari MMEA (Malaysian Muamalah Educators Association)

Dear SDITAlamania, sungguh menjadi suatau kebahagiaan untuk dapat disilaturahiimi oleh para pegiat dan pemerhati pendidikan dari negeri Malaysia yang tergabung dalam MMEA (Malaysian Muamalah Educators Association), atawa Pertubuhan Pendidik Muamalah Malaysia (Senin, 22 September 2014). Rombongan terdiri dari beberapa orang yang mempunyai latar belakang bermacam. Dari dosen, guru, dokter bahkan dari kementrian pendidikan Malaysia. MMEA adalah organisasi yang bertujuan untuk memfasilitasi adanya jurang kesenjangan masyarakat kepada para ahli dan kalangan yang menjadi ahli di bidang pendidikan. Supaya inovasi dan perkembangan pendidikan bisa berjalan sinergi antara elit dan masyarakat.

 Rombongan melakukan kunjungan di beberapa tempat, terkhusus di daerah Yogyakarta dan sekitarnya. Diantaranya kantor pengurus wilayah Nahdlatul Ulama (NU), kantor pusat Muhammadiyah, pondok pesantren Assalam Solo, Universitas Islam Indonesia dan termasuk SDIT Alam Nurul Islam.

 Di SDIT Alam Nurul Islam, rombongan tertarik terhadap bentuk konsep kurikulum yang mampu menggabungkan antara kurikulum pendidikan Nasional yang diintergrasikan dengan nilai-nilai Islam. Disamping itu juga tertarik dengan kurikulum pengembangan pribadi melalui program outbound, beternak, berkebun dan berjualan.

 Belum ada di Malaysia yang menerapkan konsep pendidikan yang seperti ini. Apalagi keunikan bangunan kelas yang semi terbuka, lesehan tanpa kursi yang akan membuat pembelajaran siswa menjadi lebih fresh dan memancing kreasi.

 Di Malaysia memang ada sebuah fenomena baru setelah tahun 2010an bahwa banyak orang tua yang lebih mementingkan pendidikan agama dibanding dengan akademik. Apalagi tingkat sekolah dasar yang merupakan pembentuk pondasi karakter anak harus banyak muatan pembentukan karakternya. Sehingga sekolah-sekolah yang berbasis agama banyak dilirik oleh para orang tua.

Terima kasih atas silaturrahiim dan tukar informasi pendidikannya. Semoga kami bisa membalas silaturrahiim ini untuk bisa bergantian berkunjung ke Malaysia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s