Bakti Sosial dan Bazar Nurul Islam 1435 H

Dear SDITAlamania, setiap menjelang berakhirnya bulan Ramadhan, SDIT Alam Nurul Islam rutin mengadakan kegiatan bakti sosial yang dipersembahkan untuk masyarakat sekitar. Kali ini kegiatan bakti sosial diadakan dalam 2 bentuk. Pembagian paket sembako dan bazar sandang murah. Untuk Bazar sandang murah diadakan oleh Takmir masjid Nurul Islam. Paket sembako dilakukan pada hari Jum’at, 18 Juli 2014 berikut rangkaian dengan acara buka bersama dan mabit. Mabalm bina iman dan taqwa untuk siswa kelas 2 hingga kelas 6. Sedangkan kegiatan bazar sandang murah diadakan pada hari Ahad, 20 Juli 2014.

Meski Ramadhan hanya masuk selam 5 hari, namun paket sembako yang dikumpulkan oleh seluruh siswa SDIT Alam Nurul Islam cukup banyak. Sembako itu akan didistribusikan ke 4 titik wilayah. Dusun Gumuk, Beji, Pundung dan Cambahan. yang merupakan masyarakat terdekat SDIT Alam Nurul Islam. Pendistribusian akan dilakukan langsung oleh siswa-siswa kelas 4 hingga kelas 6 dengan dikoordinasi guru pendamping.

Seluruh siswa dibagi menjadi 4 peleton. Masing-masing peleton dikoordinasi oleh 4 orang guru. Empat peleton disebar ke 4 titik ‘penyerangan’. Target pertama adalah pak RT, untuk dijadikan sebagai penunjuk jalan sasaran untuk setiap sembako. Amunisi sembako diangkut dengan kendaraan jelajah medan, berupa pick up. Tiba di titik droping amunisi, setiap pasukan diharuskan membawa sembako dan kemudian melakukan gerilya melalui petunjuk pak RT.

Pasukan mulai mulai menuju sasaran. Mereka menyerbu tiap rumah untuk menyampaikan paket sembako. Sembako dipastikan sampai pada alamat yang benar. Serta penerima dipastikan memahami asal paket sembako itu berasal.

Terlihat, target kena sasaran. Dan senyum sumringahpun mengiringi doa semoga tambah berkah selalu. Pasukan lega misinya berhasil, menyampaikan paket serta membahagiakan target sasaran.

Rangkaian kegiatan ramadhan berkah 1435 H diselenggarakan oleh takmir masjid nurul islam berlangsung selama satu bulan penuh.

Kegiatan meliputi :

1. Ramadhan mengaji tiap sore jam 16- magrib utk ibu dn anak anak

2. Iktikaf keluarga 18-25 Juli

3. Pesta anak 20 Juli

4. Bazar sandang murah 20 Juli

5. Program beasiswa zakat

Kemeriahan ramadhan terasa sekali dalam kegiatan pesta anak dan bazar sandang murah .

Dengan dukungan penuh dari pihak sekolah SDIT nurul islam dan para orang tua , panitia mampu membuat inovasi kegiatan ramadhan yg bermanfaat bagi masyarakat sekitar .

Pesta anak dn bazar sandang murah sangat meriah dengan host / pembawa acara ustd budi Suprayitno , pengajar SDIT nurul islam.

Pesta anak anak digelar dalam bentuk lomba-lomba :

1. Lomba tahfidz kecil utk usia TK Dan SD kelas 1-3 . Materi lomba Qs  AL fiil Dan AL lahab . Diikuti oleh 20 anak

2. Lomba tahfidz besar utk usia SD kelas 4-6 , materi lomba qs at tiin dan adz Dhuha

3. Lomba fashion show utk usai TK dn SD , diikuti oleh 25 peserta

4. Lomba dai remaja , diikuti oleh 7 peserta .

Kategori juara 1. Juara 2. Juara harapan 1 dan 2 . Mendapatkan piala dan bingkisan . Semua peserta mendapatkan bingkisan alat tulis .

Bazar sandang murah

Kegiatan bazar murah ini sudah diawali sejak ramadhan tahun lalu dan menjadi kegiatan unggulan dari rangkaian ramadhan berkah masjid nurul islam .

Dengan mengumpulkan donasi baju layak pakai dari seluruh siswa Nurul islam Dan juga dari jaringan donatur lainnya .. Terkumpul baju layak pakai cukup banyak . Juga baju baju batu yg dijual murah . Baju layak pakai diberikan harga dari 1000 hingga 15 ribu .. Untuk baju baku baru rentang jatah variasi Dr harga 10 ribu sampai 25 ribu ..

 

Ibu ibu panitia melakukan  seleksi dan pemilahan produk dalam waktu sepekan .. Dan ibu ibu sangat bersemangat ..

Sasaran utama dari kegiatan sandang murah ini adalah ibu ibu binaan masjid nurul islam di daerah cambahan , pundung , Mlangi dan Beji. Yang sudah terbina secara rutin dalam kajian setiap ahad Pahing sejak tahun 2011.

Masyarakat sangat antusias Dan merasakan manfaat dengan kegiatan  ini .. Ibu ibu belanja kebutuhan pakaiannya utk  seluruh anggota keluarga dengan harga sangat murah dengan pakaian yg cukup pantas.  Kegiatan berlangsung dari jam 08.00 – 11.30 . Dengan mengambil tempat di selasar halaman sekolah .

Hasil bazar mencapai lebih dari  Rp 6 juta rupiah . Hasil kegiatan ini akan digunakan sebagai Dana kegiatan pengajian ahad Pahing. Alhamdulilah . Semoga keberkahan dan kebaikan kebaikan Allah berikan kepad para donatur .

Program beasiswa zakat .

Pembinaan generasi muda di sekitar sekolah akan dimulai dengan program beasiswa yg anka diambilkan Dr dana zakat yg sudah dikumpulkan oleh takmir masjid .

Program beasiswa ini akan kita jadikan pilot project CSR sekolah untuk masyarakat sekitar . Sehingga sekolah bisa berbagi dengan masyarakat Dan  masyarakat mendapatkan kebaikan kebaikan dari sekolah dan orang  tua murid .

Saat ini sudah terkumpul 50 data siswa berprestasi dan termasuk dalam kategori mustahik  yg sudah diverifikasi oleh takmir masjid nurul islam . Beasiswa yang disertai dengan pembinaan terprogram diharapkan bisa  menjadi program yang berkelanjutan .

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s