Study Banding 60 Kepala Sekolah Pati Jawa Tengah

Dear SDITAlamers, Alhamdulillah SDIT Alam mendapat kunjungan dari tamu yang ingin bertukar pengalaman dalam hal pembelajaran. Kali ini yang hadir adalah rombongan dari para kepala sekolah  yang tergabung dalam Koordinasi Kepala Sekolah se-kecamatan Pati Jawa Tengah.

pati01Rombongan dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan kecamatan Pati, Bapak H. Ibnu Sukadi, S. Pd, MT serta para pengawas SD kecamatan Pati, Bapak Munadi, S. Pd, Bapak Maftukin, M. Pd, Joko Supriyanto, S. Pd, Bapak Joko Raharjo, S. Pd dan Bapak H. Dhohir, S. Pd. Rombongan tidak hanya berasal dari SD negeri saja, ada juga dari SD swasta baik yang berlatar belakang keislaman, Katholik dan juga sama-sama Sekolah Islam Terpadu.

pati02Study banding ini bertujuan untuk mengenal praktek 8 standar pendidikan nasional di SDIT Alam. Selain itu, rombongan ingin mengenal juga budaya sekolah yang berjalan dan menjadi acuan aktivitas baik oleh siswa maupun guru. Setelah disambut dan diberi pengantar oleh kepala sekolah SDIT Alam, peserta dibagi menjadi 5 kelompok untuk lebih mendalami praktek 8 standar pendidikan nasional di SDIT Alam.

pati03Untuk kelompok pertama terkait dengan standar Kurikulum : Standar Isi, Proses dan Penilaian. Forum dipandu oleh usth. Rina Widyaningrum selaku wakil kepala sekolah urusan kurikulum. Diskusi berlangsung terkait dengan praktek kurikulum nasional yang dilakukan di SDIT Alam. Karena konsep Islam Terpadu dan Alam menyebabkan adanya tambahan dan modifikasi KTSP. Yang juga menjadi hal yang menarik terkait dengan teknik penilaian. Karena kurikulum 2013 mengharuskan penilaian tidak hanya secara kuantitatif tapi juga kualitatif.

pati04Untuk standar sarana prasarana berlangsung di masjid Nurul Islam. Ust. Lubis menjelaskan bagaimana pengelolaan sarpras di SDIT Alam. Pun juga program terkait dengan pengelolaan sampah. Meski belum ikut program Penghargaan Adiwiyata, SDIT Alam memprogramkan pemilahan sampah yang diatur dalam tata tertib sekolah.

pati05Standar Pembiayaan dipandu oleh usth. Lisa dan ust. Murwantono. Ada hal yang tidak bisa ditiru di SDIT Alam. Terkait status swasta menyebabkan bolehnya menarik dana dari peserta didik. Bagaimana alur masuk keuangan dari berbagai sumber, perencanaan anggaran, kebijakan pencairan, laporan, menjadi hal yang penting dalam tata kelola keuangan. Cita-cita idealnya bagaimana tata kelola itu bisa teraudit secara independen sehingga menjadi alat kepercayaan untuk menjalin kerjasama dengan lembaga dalam bentuk program, materi maupun finansial.

pati06Kelompok kelima adalah standar kompetensi lulusan, standar pengelolaan dan standar tenaga pendidik disampaikan oleh ust. Bintara dan ust. Ariefuddin. Diskusi yang menghangat terkait kompetensi apa yang menjadi penentu kelulusan siswa kelas 6. Di SDIT Alam meski acuan kelulusan sesuai peraturan menteri pendidikan, kedepan sedang dikembangkan supaya komponen karakter dan sikap turut menjadi penentu kelulusan siswa. Berbagai macam program dan kegiatan yang dilakukan di SDIT Alam membuat ketertarikan peserta untuk mengadakan.

pati07 Di penghujung acara diadakan saling tukar cinderamata sebagai bentuk tali kasih silaturrahiim antar lembaga pendidikan. Selain itu juga dilakukan MOU antar sekolah dari tiap sekolah dengan SDIT Alam untuk menjalin kerjasama terkait dengan tukar informasi dalam pelaksanaan pembelajaran.

pati08Semoga kerjasama ini menjadi penguat tekad dalam memajukan pendidikan di negeri tercinta ini. Karena majunya negeri sangat ditentukan betapa bagusnya kualitas pendidikannya. Amiin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s