Peluncuran Layanan Perpustakaan Berbasis Barcoding

Dear SDITAlamania, Alhamdulillah sekarang pinjam buku makin mudah dan cepat. Kalo dulu harus tulis-tulis. Sekarang tinggal tunjukkan kartu trus discan, udah deh. Ditambah lagi petugas perpustakaan yang juga baru. Ustadz Wahid. Jadinya gak ada alasan lagi deh untuk ribet kalo pinjem buku. Nah, layanan itu pagi ini resmi diluncurkan. Lewat kegiatan Rabu apresiasi, semua siswa dari kelas 1 sampe 6 dikumpulkan di GOR.

DSC_6801Target dari peluncuran ini sekaligus untuk sosialisasi cara peminjaman buku di perpustakaan. Selain dijelaskan secara lisan, penjelasan juga disampaiakna secara visual melalui film simulasi cara peminjaman buku cara baru yang diperankan siswa.

Pertama, masuk perpustakaan ucapkan salam. Kemudian menuju petugas ustadz Wahid dengan menyerahkan kartu untuk dipindai atau discan kehadirannya. Setelah itu dilanjut dengan mencari buku yang akan dipinjam. Begitu buku sudah didapat langsung diserahkan ke ustadz Wahid untuk dipindai barcode yang ada dibuku dan di kartu sebagai tanda bahwa buku sudah dipinjam. Udah deh selesai. Cepat, mudah lagi.

DSC_6808Setiap siswa diharuskan memiliki kartu yang sudah dipasang barcode di dalamnya. Kartu akan digunakan sebagai kartu presensi masuk perpustakaan dan untuk peminjaman buku. Untuk mendapatkannya, setiap siswa diharuskan membayar Rp. 1.500 saja. Murah kan? Di kartu tersebut sudah terisi biodata siswa dilengkapi pas foto. Untuk peminjaman, dalam satu hari setiap anak hanya diperkenankan meminjam satu eksemplar buku. Dengan waktu peminjaman selama 1 pekan. Keterlambatan pengembalian buku akan dikenakan denda sebesar Rp. 100 per hari keterlambatan.

DSC_6819Sudahkah kalian siap untuk pinjam buku sesering mungkin di perpustakaan? Sudahkah kalian siap untuk menjadi Raja dan Ratu Buku di tahun ini. Ayo tak usah nunggu lama, segera dapatkan kartumu dan pindaikan di mesin pindai perpustakaan !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s