Terong Crispy

Ada kegiatan lain di kegiatan Ujian Akhir Semester kali ini. Meski UAS tapi tetep full day school. Tetep pulangnya sore. Nah trus ngapain setelah ulangan? Untuk menjadi siswa yang SIP, sholih-ilmuwan-pemimpin tidaklah cukup dengan hanya proses pembelajaran kelas setelah itu dites pake ulangan trus udahan. Ulangan tu kan untuk mengevaluasi hasil serapan belajar terutama secara kognitif. Makanya tesnya berbentuk tertulis. Sedangkan di SDIT Alam memaknainya lain. Evaluasi ya tetep evaluasi untuk mengetahui hasil capaian kompetensi yang dibelajarkan. Setelah tes tidak lantas selesai semuanya. Untuk menjadi siswa SIP masih terus berlangsung. Makanya pilihan sekolahnya adalah Full Days, maksudnya, supaya waktu di sekolah lebih banyak. Dengan begitu kesempatan belajar untuk menjadi manusia SIP akan lebih banyak pula. Makanya, setelah melakukan tes anak-anak tetap pulang sore untuk meneruskan pembelajaran menjadi manusia SIP. Walaupun ada kekhawatiran orang tua, bukankah waktu tes justru anak-anak harus pulang lebih pagi supaya bisa istirahat dan ada kesempatan belajar? Tapi bukankah dengan mereka di sekolah untuk beristirahat juga diberi kesempatan, trus untuk belajar justru ada guru dan teman yang bisa dijadikan partner berdiskusi memecahkan persoalan dan informasi yang kurang ketimbang belajar sendiri di rumah.

Beberapa kelas setelah melakukan tes mengadakan agenda pembelajaran yang lebih fleksibel. Bukan pembelajaran materi karena sudah habis. Tapi pembelajaran yang bermuatan lifeskill. Ada BTAQ, untuk kelas bawah ada acara nonton bareng film motivasi penuh nilai, kelas atas ada yang melakukan pembahasan soal. Bahkan ada kelas yang melakukan panen dari hasil berkebun. Tapi, tak cukup panen saja. Kemudian dilanjut dengan pengolahannya.

https://fbcdn-sphotos-a-a.akamaihd.net/hphotos-ak-ash3/533523_443127129076984_491010236_n.jpg

Weits, masak apaan tuh? Ada tren masakan baru nih. Namanya terong krispi. Terong yang kalo orang Jawa dikenal sebagai sayur yang tidak banyak yang suka karena yang bentuknya kenyal-kenyal giman gitu. Bahkan ada tokoh raksasa dalam cerita Jawa yang namanya Buto Terong, makin menambah kurang ngepop saja sayur ini. Tapi karena inovasi, terong ini jadi masakan yang lumayan punya gengsi. Terong Crispy.

https://fbcdn-sphotos-e-a.akamaihd.net/hphotos-ak-snc7/481590_443127185743645_1536062559_n.jpg

Terong diiris-iris bunder, lalu diberi adonan tepung crispy. Setelah digoreng hingga kering. Udah deh jadilah terong crispy. Mudah kan! Anak-anak kelas 4B ini mengisi waktu setelah ulangan akhir semester. Jadi, UAS tidak harus tegang meski juga dipastikan bahwa materi sudah dipahami dengan jelas dan gamblang.

https://fbcdn-sphotos-d-a.akamaihd.net/hphotos-ak-prn1/65113_443127279076969_117357415_n.jpg

Begini nih hasilnya. Cleguk . . . bikin kelenjar Eksokrin mengeluarkan air liur memenuhi mulut. Apalagi pas nih udah siang menjelang makan siang. Sangat cocok nemenin menu makan siang nanti.

https://fbcdn-sphotos-e-a.akamaihd.net/hphotos-ak-prn1/61420_443127289076968_979325782_n.jpg

Selain ada yang dimakan sendiri bisa juga dikemas untuk jualan nanti di marketday. Wah jadilah kegiatan wirausaha. Dari berkebun kemudian dipanen trus proses produksi, pengemasan dan berakhir di penjualan. Ayo siapa yang mau ngikut . . . . .

https://fbcdn-sphotos-c-a.akamaihd.net/hphotos-ak-prn1/151064_443127322410298_97813337_n.jpg

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s