Doktor ke-150 UNY Berhasil Pertahankan Disertasi tentang SDIT Alam Nurul Islam

Senin 29 Oktober 2012 menjadi hari yang bersejarah bagi Bu Rukiyati. Pasalnya, ujian akhir disertasi beliau yang berjudul Pendidikan Nilai Holistik untuk pembentukan karakter siswa di SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta berhasil dipertahankan di depan dewan penguji. Yang terdiri dari  Prof. Wardan Suyanto, Ed.D yang merupakan direktur Pascasarjana UNY, Prof. Noeng Muhadjir, Prof. Dr. Siti Partini S, Prof. Dr. Shodiq A Kuntoro dan Prof. Suyata, Ph D Ujian dimulai dari pukul 13.00 diawali dengan paparan singkat tentang hasil penelitiannya.

Setelah selesai paparan, giliran para penguji memberikan pertanyaannya. Banyak pertanyaan kritis yang dilontarkan. Seperti, yang holistik itu pendidikan atau nilainya? Yang dimaksud terpadu itu apanya? Bagaimana keakuratan data yang diambil sehingga mempengaruhi kepercayaan. Trus, kebebasan apakah yang dimaksud, bebas tanpa batas ataukah yang bagaimana. Tentang hukuman, ada penguji yang kurang menyepakati tapi ada juga yang mendukung dengan argumen bahwa di alam pun juga berlaku hukuman alam. Bisakah sekolah ini digeneralisir untuk sekolah lain? Sebagian boleh jadi bisa tapi ada sisi unik yang tidak ada di sekolah lain, jelas bu Rukiyati. Bagaimana ukuran keberhasilan dengan diukur dengan nilai UAN? Mana yang lebih penting cerdas atau karakter. Bu Rukiyati tegas menjawab lebih penting karakter.

Setelah berondongan pertanyaan dilontarkan dan dipertahankan dengan argumen yang kuat, dilanjutkan dengan sidang hasil ujian. Hanya sebentar saja dewan penguji bersidang dan langsung diumumkan. Hasilnya bu Rukiyati dinyatakan lulus dengan nilai yang memuaskan. Beliau menjadi Doktor ke-150 UNY dan Doktor ke-14 di fakultas Ilmu Pendidikan. Slamat ya bu Rukiyati . . .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s