MOS Siswa Baru dan Lama 2012

Sudah menjadi agenda tiap semester, apalagi di awal semester ganjil. Awal tahun pelajaran baru. Acara MOS atawa Masa Orientasi Sekolah untuk siswa wajib dilakukan. Kalo untuk kelas baru sudah pasti ya banyak kegiatan pengenalan. Karena peralihan dari sekolah di TK ke SD tentu banyak hal yang berubah dan baru.  Tidak terkecuali siswa yang lama. Mereka juga wajib mengikuti orientasi. jadi alasan klasik deh. Liburan bisa menghapus hal positif saat sudah terbiasa sewaktu sekolah aktif. Libur bisa saja diartikan libur belajar, libur sholat, libur baca Qur’an, libur bantu ortu, libur baca buku dan lain-lain. Juga karena perubahan kelas tentu pasti akan diikuti perubahan guru dan tentu pula perubahan aturan.

Banyak hal yang baru mengawali tahun ajaran 2012-2013 ini. Selain yang sudah biasa, ada adik kelas satu baru, ruang kelas baru, ada yang gurunya baru . . . eh rupanya SDIT Alam kepala sekolahnya juga baru loh. Ust. Budi Suprayitno selaku kepsek lama digantikan oleh Ust. Ariefuddin. Ada juga yang baru. Kelas bambu udah ilang, bahkan tebing di depannya juga telah terpotong lurus dengan masjid. Wah, suasana yang serba baru ini siapa yang gak kebawa untuk hanyut dengan arus kebaruan. Semangat yang lebih baru dan segar !! Pertama kali hadir, anak-anak diarahkan menuju GOR. Di sana semua siswa bahkan siswa kelas satu pun berkumpul jadi satu. Khusus siswa baru kelas satu ada penyambutan khusus. Sewaktu barisan mereka masuk, seluruh siswa kelas 2 hingga 6 berdiri sambil bernyanyi tanda gembira punya adik baru. Wajah-wajah yang penuh heran masuk berjalan di sebelah depan barisan para kakak.

Kegiatan awal adalah muraja’ah juz 30 bersama ustadz Shidiq. Kegiatan ini akan dibudayakan dalam setiap forum bersama. Agar hafalan surah-surah di juz 30 tetap kuat terhafal. Yang belum hafal mengikuti dengan gerakan bibir atau ada juga yang diam. Setelah itu ada sesi sosialisasi budaya sekolah. Ust. Budi memandu agar budaya sekolah terpahami dan menjadi kesepakatan bersama. Tidak harus hafal tapi harus menjadi kebiasaan, nah loh . . .

Termasuk juga yang merupakan budaya sekolah adalah Pemilahan Sampah. Program ini sebenarnya sudah cukup lama berjalan cuma karena kontrol lemah jadinya kurnag berlangsung dengan baik. nah, sekarang program pemilahan sampah akan digalakkan lagi. Anak-anak akan melakukan simulasi pemilahan sampah. Di setiap kelas akan disediakan 3 buah tempat sampah. Untuk kertas kering, plastik kering dan sampah basah. Sebagai tampungan besarnya atau sebutannya Bank sampah, di setiap blok disedikan 3 tabung besar. Bank Plastik Kering, Bank Kertas Kering dan khusus ada bank Botol Plastik. Semua sampah bukan dibuang, tapi disebutnya dengan menyimpan. Sampah yang tersimpan di Bank Sampah akan dipergunakan sebagai bahan pembelajaran SBK. Artinya akan dimanfaatkan lagi. dengan sendirinya program 3R (Reduce-Recycle-Reuse) ikut sukses juga. Nah khusus untuk sampah basah akan disatukan dengan sampah organik lain ditampung di tempat khusus. Bisa saja dibusukkan sebagai pupuk atau jika tidak bisa ya dibuang. Nih, Ust. Budi punya lagu tentang menyimpan sampah . . . .


nak-anak diberi kesempatan untuk praktek menyimpan sampah sesuai dengan tempat pemilahannya. Hingga dipastikan mereka memilah sampah dengan benar. Di acara itu semua guru dan karyawan sengaja dikumpulkan agar konsepnya dipahami semua penduduk SDIT Alam. Sehingga jangan sampai terjadi satu bagian membiasakan memilah sampah, bagian lain justru sembarangan.

Kepalan takbir menjadi peneguh semangat siswa untuk mensukseskan program pilah sampah. Karena kebersihan menjadi urusan yang sangat penting karena ia merupakan sebagian dari iman.

3 thoughts on “MOS Siswa Baru dan Lama 2012

  1. BUTUH BANTUAN UNTUK ANTAR-JEMPUT SEKOLAH
    MULAI Rp 120rb/BULAN atau Rp 7rb/HARI
    CALL 0274 659 7774 atau 0815 78 712 793

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s