Eksperimen Erosi Tanah

Percaya gak kalo permukaan bumi ini senantiasa berubah. Iya, tanah yang kita pijak ini. Gak percaya ? Coba deh di sekitarmu ada yang punya kolam ato empang gak ? Dulu sebelum ada kolam tu bentuk permukaan tanahnya apa? Pasti rata kan, nah jadi berlubang gitu karena dicangkuli. Trus kalo merhatiin sungai pasti juga lebar ato dalamnya juga selalu berubah tergantung derasnya aliran. Termasuk bukit-bukit yang ditebangi pohonnya, akan berubah tebingnya, longsor gitu karena gak bisa nahan terpaan air hujan. Bencana deh. Prihatin juga ya mendengar berit bencana saudara kita di banten. Tanggul Situ Gintung itu roboh tak kuat menahan derasnya air sungai karena 3 hari hujan terus. Nah, perubahan permukaan tanah tu juga kadang berakibat bencana. Untuk mempelajari bagaimana permukaan tanah bisa digerus air bisa dengan eksperimen erosi.

erosi1Percobaan dilakukan menggunakan 3 macam media. Tanah gundul tanpa tumbuhan, tanah yang ditanami tumbuhan dan pasir saja. Semua media diguyur dengan hujan buatan dari plastik yang dilubangi kecil-kecil.

erosi2Untuk mengetahui seberapa besar erosi yang terjadi, air tumpahan yang ngalir ditampung dalam gelas mineral. Kemudian diamati. Dibandingkan warna, kandungan, kondisi tanah bekas terpaan air.

erosi3Seluruh data direkam dalam worksheet yang telah disediakan ustadz/ah. Kemudian data yang didapat didiskusikan bareng untuk mengetahui kesimpulan akhir.

erosi5Ternyata permukaan tanah yang ditumbuhi tumbuhan, paling sedikit kerusakan yang terjadi akibat terpaan air hujan. Makanya tu kita harus serukan, kampanyekan tuk lebih banyak nanam pohon. Apapun pohon. Supaya bencana erosi bisa dicegah. Oke deh, ada doanya supaya kita terhindar dari bencana : “Bismillahi laa yadlhurru ma’asmihi syaiun fil ardhi wa laa fissamaa’i wahuwa sami’un ‘aliim” artinya “Dengan nama Alloh kita berlindung dari bencana yang datang dari bumi dan langit dan Allohlah yang Maha Mendengar dan Mengetahui”

2 thoughts on “Eksperimen Erosi Tanah

  1. Assalaamu’alaikum
    Afwan, misalkan ada RPP-nya kan ana bisa tahu keterkaitan materi atau praktikum ini dengan materi pelajaran apa saja. Terus, sebagai proses pemebalajaran kan ada evaluasinya, apa yang digunakan ?
    Jazaakallah khairan katsir, syukron.
    Wassalaamu’alaikum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s